Anak Alami Gejala-gejala Ini, Orangtua Wajib Curiga Diabetes

Obesitas anak.
Sumber :

JAKARTA – Data Changing Diabetes in Children (CDiC) menyebutkan jumlah kasus diabetes anak saat ini mencapai 1100an kasus. Di mana kasus-kasus tersebut, didominasi oleh diabetes tipe 1.  Hal itu turut diungkap oleh Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K).

Disfungsi Ereksi Bukan Cuma Masalah Pria Tua! Kenali 5 Faktor Pemicunya di Usia 20-an

"Diabetes pada anak, 90-95 persennya adalah tipe 1, yaitu ketika pankreasnya tidak bisa memproduksi hormon insulin. Oleh karena itu, dia butuh tata laksana seumur hidupnya. Masalahnya, ketika anak sudah masuk remaja, bosan dan sebagainya, makanya butuh dukungan dari komunitasnya," ujarnya saat Media Breafing yang digelar virtual di Jakarta, Sabtu 11 November 2023. Scroll untuk info selengkapnya.

Berada dalam ruang diskusi yang sama, Project Lead Changing Diabetes in Children (CDiC) & Direktur Eksekutif International Pediatrics Association/Asosiasi Dokter Anak Sedunia, Prof DR Dr Aman Bhakti Pulungan, SpA(K), menambahkan, jika anak mengalami gejala-gejala berikut, hal pertama yang harus dipikirkan adalah diabetes. 

Anwar Fuady Mau Nikah di Usia 77, Begini Respons Anak-anaknya

"Semua orangtua harus paham jika anak umur berapa saja banyak minum, banyak makan, banyak kencing, berat badan turun dan nampak loyo, gejala pertama yang harus dipikirkan adalah diabetes," ungkapnya. 

Pentingnya Menetapkan Batasan Gadget pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Selain itu, jika anak yang sebelumnya tidak ngompol dan mendadak jadi mengompol lagi, orangtua juga patut curiga. 

"Ditambah lagi, kalo anak sudah besar yang tadinya sudah tidak ngompol dan sekarang ngompol, ini harus dipikirkan yang pertama diabetes," tuturnya. 

Jika tidak mengetahui gejala-gejala tersebut dan keadaan si anak sudah memburuk sampai dibawa ke rumah sakit, Prof Aman menyarankan untuk melakukan serangkaian tes, termasuk cek gula darah yang juga wajib dilakukan. 

"Kalo misalnya tidak paham gejala ini, kalau masuk dalam keadaan emergency RS mana saja atau Puskesmas, tolong selain ditensi juga cek gula darah. Banyak sekali yang seperti itu, karena gejalanya tidak saru karena orangtua tidak mengikuti, anak juga tidak tahu, datang menjelaskan ke emergency dengan gejala sesak dan lain-lain," pungkasnya.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Prof Aman lebih lanjut mengatakan, untuk gejala-gejala seperti banyak makan, banyak minum, dan lain-lain yang sudah disebutkan di atas, adalah kondisi awal ketika anak mengalami gejala yang mengarah pada diabetes. Namun, jika kondisi anak sudah memburuk, segera lakukan tes yang dianjurkan.

"Kalau yang saya katakan banyak makan minum, banyak kencing tadi, kalau sudah paham dari awal. Tapi kalau sudah ke emergency kan gawat. Ketika dia masuk selain cek darah dan lain-lain, cek oksimetri dan cek gula darah," kata Prof Aman Bhakti Pulungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya