Dokter Bagikan Daftar Makanan yang Sering Dikira Sehat, Namun Sebenarnya Tidak

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Ahli medis yang berbasis di California, yang juga memiliki akun TikTok popular, baru-baru ini membagikan video viral yang merinci lima makanan yang secara keliru diyakini sehat oleh banyak orang, dan buah-buahan ada dalam daftarnya.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Dari “perspektif resistensi insulin,” dokter tersebut menyatakan bahwa buah dan jus buah “jelas” menimbulkan ancaman kesehatan.

“Tahukah Anda bahwa beberapa jus buah mengandung gula sebanyak sekaleng soda?” Dr Brown menyatakan dalam klip tersebut, yang telah ditonton lebih dari 1 juta kali di TikTok-nya, dilansir Selasa, 28 November 2023. Jus buah juga kekurangan serat dibandingkan dengan memakan sepotong buah utuh, namun buah pun bukanlah pilihan yang aman, menurutnya.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Buah-buahan.

Photo :
  • Pixabay/romanov

“Buah-buahan saat ini, bahkan sayuran saat ini, tidak seperti dulu lagi yang ada di alam,” lanjutnya. Sebagian besar berukuran kecil, berserat dan tidak terlalu manis, tetapi buah-buahan saat ini sudah gila. Mereka telah direkayasa menjadi lebih besar, lebih manis dan tidak terlalu berserat, yang semuanya berdampak pada kadar gula darah kita.”

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Meskipun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pertanian telah kehilangan sebagian nilai gizinya, bukan berarti Anda harus berhenti mengonsumsi buah-buahan.

Meskipun Dr. Brown mengatakan beberapa buah – seperti “mangga, nanas, pisang, dan anggur” – harus “diperlakukan sebagai makanan penutup”, orang dewasa harus mengonsumsi sekitar 2 cangkir buah per hari, menurut Pedoman Diet untuk Orang Amerika 2020–2025.

Berikutnya yaitu susu yang disukai para vegan, Susu oat.

Dr Brown mengecam tingginya kadar karbohidrat dan gula, belum lagi dimasukkannya bahan pengawet, pengemulsi dan pengental, yang ada dalam susu oat.

Ia mengambil contoh susu terkenal Oatly, “Secangkir standar susu oat asli merek tersebut mengandung 16 gram karbohidrat, 7 gram gula, dan hanya sedikit 2 gram serat. Meski begitu, itu diperkaya dengan vitamin dan mineral,”

Meskipun oatmeal adalah makanan rendah glisemik, varietas tertentu, terutama dengan tambahan gula, tidak ideal untuk orang yang memperhatikan gula darahnya.

Meskipun merupakan sumber serat yang baik, Dr. Brown merekomendasikan untuk menghindari jenis oatmeal yang diberi rasa dan memilih potongan baja.

Terakhir, dia memperingatkan agar tidak mengonsumsi rice cake atau kue beras. Jumlah kalori yang rendah dari camilan ini memang menarik, tetapi camilan ini kurang serat dan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, kata Dr. Brown dengan berani.

Sulit untuk “puas” ketika hanya makan kue beras, kecuali pecinta kuliner menambahkan alpukat atau selai kacang di atasnya untuk mendapatkan protein atau lemak.

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Pixabay/manolofranco

Meskipun ada beberapa pengguna sosial media yang tak setuju dengannya, namun Dr. Brown menegaskan dalam pendapatnya bahwa orang dapat “makan segala sesuatu dalam jumlah sedang,” dan berharap dapat meningkatkan kesadaran akan kekuatan metabolisme makanan tertentu.

Dia juga menawarkan penggantinya, seperti almond atau santan bebas gula, makan buah utuh sebagai pengganti jus, yoghurt kelapa polos dibandingkan oatmeal, atau menukar kue beras dengan batang seledri.

“Saya ingin memberi tahu masyarakat tentang dampak beberapa makanan 'sehat' terhadap kesehatan metabolisme,” tulisnya. “Kamu masih bisa memakannya tapi hati-hati.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya