Pentingnya Probiotik Bukan Hanya untuk Kesehatan Pencernaan, Mempengaruhi Kualitas Tidur dan Mood

Ilustrasi usai tidur nyenyak.
Sumber :
  • Dokumentasi

JAKARTA – Dalam dunia kesehatan, probiotik sering kali dihubungkan dengan kesehatan pencernaan. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa probiotik memiliki peran penting dalam mempengaruhi kualitas tidur dan mood seseorang. Menurut Dr. Caesar Givani Sp.PD, spesialis penyakit dalam, terdapat hubungan erat antara saluran cerna dan otak, yang dikenal sebagai gut-brain axis atau poros usus-otak.

7 Minuman Penghangat Tubuh untuk Membantu Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak

Dr. Caesar menjelaskan bahwa sistem komunikasi ini memungkinkan sel-sel saraf di saluran pencernaan untuk mengirimkan informasi ke otak, dan sebaliknya. Misalnya, stres atau kecemasan dapat menyebabkan nyeri perut, dan gangguan pencernaan seperti kembung atau diare dapat mempengaruhi mood seseorang.

Lebih lanjut, Dr. Caesar menambahkan bahwa mikrobioma usus yang tidak seimbang dapat berakibat buruk pada kualitas tidur dan kesehatan mental. Ketidakseimbangan bakteri baik atau probiotik dalam usus bahkan dapat berkontribusi pada penyakit mental seperti kecemasan dan depresi.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Menurut keterangannya, “menyeimbangkan bakteri usus dengan probiotik seperti Bifidobacteria dapat membantu menghasilkan senyawa kimia saraf yang berperan dalam membangun suasana hati dan fungsi-fungsi saraf lainnya”. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Untuk mendukung kesehatan usus dan otak, sangat penting untuk menjaga asupan probiotik. Sumber probiotik termasuk makanan fermentasi seperti tempe dan yogurt, serta suplemen probiotik. Namun, pemilihan suplemen probiotik tidak boleh sembarangan, karena setiap strain probiotik memiliki fungsi yang berbeda.

Salah satu suplemen yang direkomendasikan adalah G-NiiB Immunity+ (SIM01) dari GenieBiome. Produk ini dikembangkan oleh ilmuwan klinis dari The Chinese University of Hong Kong dan mengandung tiga jenis probiotik Bifidobacterium. Formulasi unik ini dirancang untuk melindungi fungsi saluran cerna, mendukung keseimbangan bakteri baik di usus, dan membantu meningkatkan kualitas tidur serta stabilitas mood.

Ilustrasi Usus

Photo :
  • ist

Jonathan Wong, Regional Manager Geniebiome, menyatakan bahwa G-NiiB Immunity+ (SIM01) telah terbukti secara klinis meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati yang positif. Produk ini juga mengandung prebiotik yang dipilih dengan cermat untuk mendukung kerja probiotik.

Menariknya, G-NiiB Immunity+ (SIM01) dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Asia, termasuk Indonesia. Produk ini telah mendapatkan sertifikasi halal, bebas dari GMO, gluten, rasa, dan pewarna buatan, menjamin keamanannya bagi konsumen.

Respons positif dari konsumen menunjukkan bahwa lebih dari 95% pengguna berkomitmen untuk terus menggunakan G-NiiB Immunity+ (SIM01) setelah penggunaan pertama. Ini menegaskan pentingnya menjaga asupan probiotik harian tidak hanya untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga untuk kualitas tidur dan mood yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya