Makan Kue Kering Saat Hari Raya Seperlunya, Kebanyakan Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

Kue kering Cokelat
Sumber :
  • Resep Koki

VIVA Lifestyle – Menjelang Hari Raya Natal yang jatuh pada 25 Desember setiap tahun, umat Kristiani sudah mulai sibuk mengatur rencana pertemuan keluarga untuk merayakan momen yang hangat.

Sebabkan Kematian Mendadak, Waspadai Tanda Aneurisma Aorta

Ada banyak hal yang harus disiapkan sebelum menerima tamu di rumah termasuk dekorasi rumah, pakaian baru, hingga makanan yang akan disajikan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Setiap hari raya, masyarakat Indonesia biasanya menyajikan aneka kue kering di atas meja yang bisa dinikmati oleh para tamu saat berkunjung ke rumah. Ada banyak macam kue kering khas Tanah Air seperti kastengel, nastar, hingga putri salju.

Deretan Negara Arab Ini ternyata Tolak Embargo ke Israel, Kok Bisa?

Namun jika berbicara terkait masalah kesehatan, kue kering ternyata punya dampak yang kurang baik juga.

Ilustrasi kue kering.

Photo :
  • Instagram @kuekeringbellarosa.
Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Proses pembuatan kue kering biasanya mencampurkan margarin atau minyak sayur yang dapat memberikan rasa gurih serta membuat tekstur kue menjadi lebih renyah.

Karena itulah, kue kering jadi memiliki kandungan lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak buruk pada tubuh.

"Penggunaan minyak itu penting dalam membuat kue kering. Kue kering butuh minyak dalam bentuk margarin, mentega, atau minyak sayur. Itu bermanfaat memberikan rasa gurih dalam kue,” ungkap dr. Verawati Sudarma, Sp.GK, Spesialis Gizi Klinik, dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Rabu 20 Desember 2023.

Ilustrasi kue kering

Photo :
  • Pixabay/ali_cruse

“Tapi kandungan minyak jenuhnya berbeda antara satu kue dan lainnya. Beberapa kue kering yang punya kandungan lemak jenuh tinggi adalah kastengel dan nastar," jelasnya.

Lemak jenuh yang apabila dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menimbulkan masalah kesehatan serius. Misalnya adalah penyakit jantung hingga yang paling parah adalah serangan jantung.

Terlalu banyak kandungan lemak jenuh yang masuk akan menciptakan plak di dinding pembuluh darah jantung yang nantinya akan membuat aliran darah jadi tersumbat.

Alhasil, ketika aliran darah ke jantung terhambat, jantung bisa berhenti seketika yang risikonya berbahaya bagi nyawa.

Resep kue kering

Photo :
  • cookpad @slicecutecake

"Kembali pada kenyataan bahwa kue kering mengandung minyak. Terutama minyak jenuh. Diketahui mengonsumsi minyak jenuh yang berlebihan akan meningkatkan kolesterol buruk dalam tubuh yang jenisnya LDL,” terang dokter Verawati.

“Peningkatan LDL yang terus menerus dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan risiko penyakit jantung terutama serangan jantung," terangnya.

Meski begitu, bukan berarti mengonsumsi kue kering dilarang sepenuhnya tetapi sebaiknya makan kue kering seperlunya supaya kandungan lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya