Venny Alberti Idap Penyakit Seks Menular, Waspadai 10 Tanda dan Gejalanya

Selebgram Venny Alberti.
Sumber :
  • Instagram @vennyalberti_

VIVA Lifestyle – Selebgram Venny Alberti mengejutkan publik dengan pengakuannya yang tengah mengidap penyakit menular seksual (PMS). 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Dalam unggahannya di Instagram, Venny mengaku, PMS yang diidap diduga lantaran sang suami, Akash Elahi, yang berselingkuh dan gonta ganti pasangan. 

"Ini bukti saya sudah terkena penyakit seksual menular," tulis Venny di Instagram, dikutip VIVA.

Ini 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang

Venny Alberti dan suaminya, Akash Elahi.

Photo :
  • Instagram @vennyalberti_

Dilansir Mayoclinic, Penyakit menular seksual (PMS) sendiri disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS).  Penyakit ini menyebar terutama melalui kontak seksual. IMS disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. PMS dapat ditularkan dari orang ke orang melalui darah, air mani, atau cairan vagina dan bagian tubuh lainnya.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Terkadang penyakit menular seksual menyebar melalui cara lain selain melalui kontak seksual. Misalnya, penyakit ini bisa menular ke bayi saat di dalam kandungan atau setelah bayi tersebut dilahirkan. Selain itu,  penyakit ini dapat menular melalui transfusi darah atau penggunaan jarum suntik bersama.

PMS tidak selalu menimbulkan gejala. Seseorang dapat tertular penyakit menular seksual dari orang lain yang terlihat sehat, namun mungkin tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit tersebut.

Sementara itu, PMS juga tidak menimbulkan gejala. Alhasil penyakit ini mungkin tidak diketahui sampai seseorang mengalami komplikasi atau pasangannya tertular penyakit ini. Namun, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai, jika wanita mengidap PMS. Berikut di antaranya: 

1. Luka atau benjolan pada alat kelamin atau pada daerah mulut atau dubur.
2. Buang air kecil yang menyakitkan atau adanya rasa sensasi terbakar.
3. Keluarnya cairan dari alat kelamin.
4. Keputihan yang tidak biasa atau berbau.
5. Pendarahan vagina yang tidak biasa.
6. Nyeri saat berhubungan seks.
7. Kelenjar getah bening nyeri dan membengkak, terutama di selangkangan namun terkadang lebih luas.
8. Sakit perut bagian bawah.
9. Demam.
10. Ruam di bagian tubuh, tangan atau kaki.

Gejala penyakit menular seksual mungkin muncul beberapa hari setelah terpapar. Namun, mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun sebelum seseorang mengalami masalah ini, tetapi tergantung pada penyebab PMS yang diidap masing-masing orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya