Manfaat Ikan Bagi Perkembangan Otak Bayi Dalam Kandungan

Ilustrasi hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Beberapa bahan makanan seringkali dikalim baik untuk kesehatan dan tubuh manusia. Salah satunya adalah ikan, beberapa penelitian memang membuktikan bahwa ikan baik dikonsumsi untuk tubuh, tapi apakah ikan juga baik dikonsumsi untuk wanita yang sedang mengandung? 

Pakar Ungkap Manfaat Konsumsi Ikan, Kulit Awet Muda Hingga Cegah Stunting Anak

Beberapa studi, juga mendukung, bahwa ikan berperan baik bagi wanita yang mengandung, terutama bagi perkembangan otak bayi selama didalam kandungan. Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan mempunyai peran yang sama. Wanita hamil butuh mengonsumsi ikan dalam taraf sedang. 

Dilansir laman Boldsky, seorang peneliti mengatakan, wanita hamil perlu untuk mengkonsumsi diet lemak dengan proporsi yang seimbang, diet lemak yang mengandung asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6  ini, membantu memformasikan otak sang bayi saat berada dalam kandungan.

Ini Hal Terpenting untuk Menunjang Keberhasilan Terapi Kanker

Bagian lain dari studi ini juga mengungkapkan, saat peneliti memberi makan tikus betina dengan makanan yang kaya omega 3 dan asal lemak 6, mereka menjadi tahu kedua nutrisi yang dikounsumsi secara seimbang, mampu menyeimbangkan perkebangan tubuh anak saat di dalam Rahim.

Wanita hamil yang mengkonsumsi biji atau minyak yang mengandung asam lemak omega 6, bisa menyeimbangkan diet mereka dengan mengonsumsi ikan untuk mendapatkan beberapa proporsi dari asam lemak omega 3. 

Bahan Ini yang Bisa Buat Kulit Wajah Lebih Terawat

Peneliti in juga mengklaim, diet seimbang dari keduanya yang mampu membantu perkembangan otak anak yang belum lahir saat berada dalam kandungan.

Penelitian ini saat ini berfokus untuk mengetahui hubungan antara perkembangan otak dan diet lemak. Selain itu, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui tentang jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi, karena tidak semua ikan aman dikonsumsi selama masa kehamilan.

Mengkonsumsi ikan seminggu sekali atau dua minggu sekali juga sangat dianjurkan. Sedangkan, mengkonsumsi lebih dari itu bisa jadi berbahaya, karena ikan juga mengandung polutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya