Tunjukkan Sikap Ini Ketika Si Kecil Mulai Jadi Peniru Ulung

Mengajarkan kemandirian pada anak bisa dilakukan mulai anak berusia dini dengan rentang 1 hingga 2 tahun.
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA.co.id – Anak-anak memiliki sifat seperti sebuah spons, yang pandai menyerap apa pun di sekitarnya. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk menanamkan dengan mencontohkan kebiasaan baik.

Ivan Gunawan Ungkap Kris Dayanti Jadi Role Modelnya Selama Ini

Peran orangtua dalam membentuk karakter si kecil, memiliki pengaruhnya yang besar. Penanaman tersebut, dimulai dengan praktik nyata oleh orangtua di depan buah hati.

"Menjadi role model atau contoh berjalan. Peran orangtua harus mampu menjadi itu, karena dengan mengarahkan anak secara verbal aja, akan masuk kuping kanan dan keluar kuping kiri," Vera Itabiliana, Psi., Psikolog Klinis Anak, Ditemui pada 'Cerita Petualangan Mama Sigi dan Pepo,Pepsodent', di Senayan, Jakarta, Selasa 11 Oktober 2016.

Mulai Idol K-Pop hingga Taylor Swift, Inilah Sumber Inspirasi Anggota JKT48

Ayah dan anak

Setelah menjadi contoh nyata bagi anak, maka jadikan peran orangtua menjadi sosok pengingat untuk anak. Kemudian, berikan fasilitas yang menarik agar anak menyukai aktivitas yang baik tersebut.

Gus Imin Dorong Sidoarjo Jadi Role Model Stop Kekerasan Seksual di Tempat Kerja

"Reminder dengan ajak menjalani kebiasaan baik. Nah, bersamaan dengan itu, berikan fasilitas. Contoh, ajak sikat gigi lalu sediakan sikat gigi yang lucu, buat semua aktivitas menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk anak," tambahnya.

Menurutnya, aktivitas yang menyenangkan dapat mempermudah si kecil untuk bisa menjalankan kebiasaan baik dan positif. Kemudian, orangtua diharapkan mau menjadi motivator pada anak.

"Ajarkan anak kebiasaan baik itu dimulai dengan sesuatu yang anak sukai agar bisa diserap. Caranya misal dengan tontonan edukatif, cerita yang baik serta lagu atau musikal yang mendidik," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya