Bahaya Duduk Terlalu Lama pada Bokong

Ilustrasi menulis.
Sumber :
  • Pixabay/ StartupStockPhotos

VIVA.co.id – Jika Anda punya pekerjaan administratif atau banyak mengetik di depan layar komputer, Anda berpeluang duduk selama delapan jam lebih dalam sehari.

Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Setelah sekian lama, Anda mungkin mulai merasakan bagian bokong terasa sakit. Atau, ketika mengeceknya, ada perubahan bentuk pada bokong Anda.

Hal ini dikarenakan, ada beberapa hal yang mempengaruhi kondisi bokong saat Anda duduk terlalu lama. Berikut pemaparannya seperti dikutip dari laman Glamour.

Menguak Manfaat Ajaib Si Manis Buah Srikaya

Saat Anda duduk, bokong Anda tidak bekerja sama sekali

"Saat Anda duduk sepanjang hari, pada dasarnya yang terjadi adalah otot bokong Anda berhenti bekerja," kata Dan Giordano, co-founder of Bespoke Treatments Physical Therapy. Karena otot bokong Anda mempengaruhi pergerakan pinggul, perputaran panggul, dan stabilitas panggul, yang memperburuk kondisi bokong juga akan memperburuk kondisi seluruh tubuh Anda.

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Mempengaruhi postur tubuh dan menyebabkan sakit punggung

Saat Anda duduk lama, terutama tidak dengan postur yang baik, fleksor pinggul Anda akan mengencang dan menghambat pergerakan otot bokong. Ketika ini terjadi, kata Giordano, panggul Anda tidak bisa bergerak ke depan dan menyebabkan tekanan pada punggung bawah Anda. Akibatnya terjadilah sakit punggung.

Jika didiamkan dan tidak diperiksa, kondisi ini bisa menyebabkan sakit kronis. Memang tidak terjadi dalam waktu sebentar, tapi jika Anda melakukannya selama lima tahun, itu akan terjadi.

Sakit yang menular ke seluruh tubuh

Giordano mengatakan, jika pinggul atau bokong tidak bekerja secara benar, hal ini lama kelamaan akan berdampak hingga ke lutut dan pergelangan kaki. Saat otot besar di bokong tidak menarik bebannya, tekanan ini akan berpindah ke titik yang lebih lemah pada kaki.

Melemahkan otot bokong

Otot bokong yang tidak bekerja akan membuatnya tidak memanas sehingga seiring waktu, jika otot ini tidak diaktifkan secara rutin, akan melemah. Kondisi ini disebut dengan atropi otot, dan dapat mengikis kerja keras Anda yang rutin berolahraga membentuk tubuh yang bagus.

Mengubah bentuk bokong

Duduk lama yang dilakukan selama bertahun-tahun dapat mengubah bentuk bokong Anda. Giordano menuturkan kalau ia sering melihat kasus ini pada pasiennya yang berubah pekerjaan dari yang aktif menjadi pekerjaan yang duduk di depan layar komputer. Bagian panggul depan yang miring, fleksor pinggung yang mengencang, membuat bokong Anda tampak lebih rata.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya