Porsi Makan Proporsional Dibutuhkan untuk Pemenuhan Gizi

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :

VIVA.co.id – Dulu, hidup sehat selalu dikaitkan dengan 4 sehat 5 sempurna. Namun, tidak untuk saat ini dan seterusnya. Empat pilar gizi seimbang adalah 'pedoman' baru bagi Anda untuk mendapatkan hidup sehat.

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Sebagaimana dijelaskan oleh Prof. Dr. Endang L. Achadi, MPH, Dr.PH, Ketua Umum PP Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI). Empat pilar ini terdiri dari makan beragam dan proporsional, melakukan kegiatan fisik dan olahraga, pola hidup bersih dan memonitor berat badan.

Asupan gizi tidak hanya memperhatikan keragaman tetapi juga porsi. Sajikan makanan dengan porsi yang proporsional.

Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

"Isi separuh piring dengan lauk pauk dan karbohidrat, separuh lagi sayur dan buah-buahan namun lebih banyak sayur," kata Dr. Endang saat ditemui di Aula Kemendikbud, Jakarta, Selasa, 20 Desember 2016.

Susu dalam empat sehat lima sempurna sekali-kali bisa diganti dengan sumber protein lain seperti telur  dan daging-dagingan.

Menguak Manfaat Ajaib Si Manis Buah Srikaya

Kegiatan fisik dan olahraga, tentu Anda sudah tahu bahwa kegiatan fisik perlu agar tubuh tetap bugar dan metabolisme tetap berjalan. Baik anak-anak maupun dewasa, Dr. Endang menyarankan setidaknya melalukan olahraga selama 30 menit sehari.

Pilar selanjutnya, kebersihan. Bisa dimulai dengan selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan setelah dari kamar mandi, sesudah dan sebelum makan, selalu gunakan alas kaki dan jangan biarkan makanan terbuka terlalu lama agar tidak terkontaminasi debu dan bakteri.

"Cuci tangan dari kamar mandi, sesudah sebelum makan, pakai alas kaki, kalau makanan ditutupin." 

Saat ini, memonitor berat badan menjadi hal penting mengingat angka diabetes maupum kekurangan gizi di Tanah Air masih terbilang tinggi.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya