Kenali Jenis Penanganan Tepat Pada Kelainan Irama Jantung

Ilustrasi detak jantung.
Sumber :
  • Pixabay/Inspiredpictures

VIVA.co.id – Kelainan irama jantung menjadi kendala dalam melakukan aktivitas. Oleh sebab itu, masyarakat perlu dengan jeli memahami jenis penanganan yang diperlukan.

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

Penanganan paling mudah yakni dengan berolahraga. Sebab, dengan beraktivitas dan bergerak aktif, irama jantung yang tidak beraturan dapat ditekan secara perlahan.

"Lakukan olahraga teratur, irama tidak teratur jantung akan semakin tidak terasa. Karena olahraga menyebabkan feel good effect, sehingga sensitifitas menurun," ujar spesialis jantung, dr. Antono Sutandar, SpJP(K), kepada VIVA.co.id di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Polisi Ungkap Detik-detik Penemuan Ibu dan Anak Tewas Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

Namun, tentu saja kelainan irama jantung ini membutuhkan penanganan dari obat medis. Di mana, pengobatan tersebut bertujuan untuk mencari keseimbangan irama jantung antara yang terlalu cepat atau terlalu lambat yakni rate control (untuk mencari keseimbangan irama supaya tidak terlalu cepat atau lambat) dan rhythm control (mengembalikan irama menjadi normal).

“Hasil jangka panjang antara rate control dan rhytm control tidak berbeda jauh, sehingga penanganan keduanya memang untuk menjaga irama jantung," lanjutnya.

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Selain itu, komponen lain yang penting adalah pencegahan stroke yang dilakukan dengan pemberian obat pengencer darah. Sebab, penderita kelainan irama jantung, berisiko besar mengidap stroke.

"Bagi penderita kelainan irama jantung, anticoagulant lebih efektif untuk mencegah stroke. Dengan pertimbangan antara risiko dan keuntungannya. Keuntungannya adalah menurunkan stroke sebanyak 60-70 persen, sedangkan risikonya adalah perdarahan sebesar 3-5 persen per tahun."

Proses Evakuasi Jasad Suami Bakar Istri di Jayapura. (Foto:Damkar Kota Jayapura)

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Suami di Jayapura Bakar Istri hingga Hangus Gara-gara Sakit Stroke

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024