Jangan Langsung Minum Kopi Setelah Bangun Tidur, Kenapa?

Ilustrasi kopi/kopi hitam.
Sumber :
  • Pexels/Kaboompics/Karolina

VIVA – Secangkir kopi hangat di pagi hari tentunya menjadi pilihan menambah semangat menjalani aktivitas. Tapi, untuk mendapatkan energi dari cangkir kopi, harus dilakukan di waktu ngopi yang tepat.

Pria Nekat Minum Kopi 1 Galon, Netizen: Gila!

Dilansir dari laman Reader's Digest, banyak orang yang memilih pagi hari sebagai waktu tepat mengonsumsi kopi. Tapi, ilmuwan telah menemukan waktu yang paling tepat untuk menikmati kopi, dan itu bukan di pagi hari.

Waktu paling tepat menikmati secangkir kopi yaitu bukan saat bangun tidur di pagi hari, melainkan satu jam setelahnya. Sebab, satu jam usai bangun tidur, tubuh telah memproduksi hormon kortisol atau hormon anti stres.

Mr P Gak Loyo Lagi, Minum Kopi Diklaim Ampuh Atasi Disfungsi Ereksi

Para peneliti menekankan pentingnya menunggu waktu hingga satu jam setelah Anda bangun tidur, yang dimaksudkan untuk membantu tubuh beradaptasi terlebih dahulu. Jika tubuh tetap mengonsumsi kopì segera usai bangun tidur, dampak akibat kafein bisa sangat terasa.

Serta, efek lain yang berbahaya mencakup keinginan tubuh terhadap kecanduan kafein akan semakin meningkat. Hal tersebut diakibatkan hormon kortisol yang kesulitan untuk mencapai ritme tubuh yang baik.

Cara Menghilangkan Kecanduan Kopi dari Dokter Zaidul Akbar

Nah, untuk yang masih menginginkan cangkir kedua kopi hangat, bisa dilakukan di siang hari mendekati pukul 1 siang dan antara pukul 5.50 sore hingga 6.30 sore. Konsumsi kopi di waktu yang tepat ini, akan membantu tubuh mendapatkan energi yang tepat.

Ilustrasi cemas dan khawatir (Imago Images/M. Eichhammer).

Asupan Kopi Dalam Jumlah Sedang Mampu Turunkan Risiko Kecemasan, Ini Penjelasannya

Sekitar 81% peserta adalah peminum kopi dan jumlah asupan kopi harian yang paling sering dilaporkan adalah dua hingga tiga cangkir. Usia rata-rata orang tersebut 56 tahun

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2023