Belajar Sejarah Indonesia Sambil Santap Siang di Kedai Havelaar

Kedai Havelaar
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza

VIVA – Terinspirasi perjuangan pahlawan, sebuah kedai makan dengan menu tradisional berkomitmen terus menjaga rasa dan jiwa nasionalisme. Sambil menikmati hidangan, Kedai Havelaar menyajikan edukasi sejarah nasional Tanah Air.

Gila! 300 Kucing Dibunuh dalam Sebulan untuk Disantap, Restoran Ini Ditutup

Mengambil filosofi dalam novel Max Havelaar, tokoh Multatuli sungguh sangat menghargai karya masyarakat pribumi Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Maka dari itu, kedai Havelaar tak hanya menyajikan menu khas Indonesia tapi juga edukasi sejarah kemerdekaan.

"Konsep Kedai Havelaar yaitu menghadirkan sejarah kemerdekaan Indonesia melalui berbagai hal. Pertama, celemek atau alas makan yang kami taruh berisikan informasi sejarah tentang perjuangan maupun peristiwa dulu," ujar pemilik kedai Havelaar, Yusephine Dwi Sulistyawati, ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Jumat 17 Agùstus 2018.

Restoran di Tengah Sungai, Makan Enak Ditemani Ikan

Kedua, lanjut Lies, sapaan akrabnya, terselip bendera merah putih kecil di atas makanan dan minuman. Di situ terdapat kalimat yang berasal dari para pahlawan.

Kedai Havelaar

Jokowi Ungkap Rencana Upacara HUT RI Tahun 2024 di IKN Nusantara

"Terdapat quote yang berisi petuah untuk ingatkan kita akan masa-masa penjajahan dulu," terangnya.

Untuk semakin menarik minat anak muda, kedai Havelaar menyajikan properti yang menarik untuk diabadikan. Tapi, tak seperti tempat makan kekinian, karena properti yang digunakan berupa quote, gambar, maupun buku sejarah mengenai pahlawan.

"Kedai Havelaar kami buat instagramable. Di sini juga kami putarkan musik perjuangan atau lagu nasional yang sudah dikemas modern," tuturnya.

Kedai Havelaar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya