Gila! 300 Kucing Dibunuh dalam Sebulan untuk Disantap, Restoran Ini Ditutup

Ilustrasi kucing berbulu putih atau kucing putih.
Sumber :
  • Pexels

Vietnam – Sebuah restoran yang menenggelamkan tiga ratus kucing setiap bulannya untuk menyuburkan perdagangan daging yang kejam di Vietnam telah ditutup untuk selamanya.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Dilansir dari Daily Mail, Jumat, 29 Desember 2023, Restoran Gia Bao di kota Thai Nguyen, di timur laut Vietnam, menjalankan bisnis yang menguntungkan dengan menjual kucing, yang kemungkinan besar adalah hewan peliharaan yang dicuri, yang ditenggelamkan ke dalam ember satu per satu.

Ilustrasi kucing.

Photo :
  • Dok. Wood Green
5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Selama lima tahun, Pham Quoc Doanh, 37 tahun, menjalankan bisnis ini setelah berjuang untuk menghidupi keluarganya dengan menjual 'makanan dan minuman biasa'.

"Saat itulah saya mencoba menjual daging kucing karena tidak ada restoran lain yang menyajikannya di daerah tersebut," katanya kepada Metro.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Doanh menghubungi Humane Society International, yang berkampanye untuk melarang perdagangan daging kucing di Vietnam, dan menawarkannya bantuan dana untuk membuka toko kelontong.

Pada tanggal 6 Desember, ia secara simbolis merobohkan spanduk di luar rumah jagal dan restorannya dan memulai hidup baru.

"Sudah sejak lama saya merasakan keinginan yang tulus untuk meninggalkan bisnis daging kucing yang kejam dan beralih ke hal lain secepat mungkin. Ketika saya memikirkan ribuan kucing yang telah saya sembelih dan sajikan di sini selama bertahun-tahun, saya merasa sedih," katanya.

"Pencurian kucing sangat umum terjadi di Vietnam, dan saya tahu banyak kucing yang dijual di sini adalah kucing kesayangan keluarga, dan saya merasa sangat menyesal akan hal itu.

Diperkirakan satu juta kucing dibunuh setiap tahun untuk diambil dagingnya di Vietnam, menurut badan amal tersebut - meskipun 71 persen dari populasi mendukung pelarangan.

Banyak hewan peliharaan, dan sejumlah besar kucing liar, dicuri untuk memenuhi permintaan perdagangan daging kucing yang menguntungkan, yang diyakini memiliki sifat afrodisiak di beberapa bagian dunia. Daging kucing dimasak dalam berbagai jenis hidangan termasuk semur, goreng dan panggang.

Ilustrasi Kucing

Photo :
  • catwallpaper.com

Jajak pendapat menunjukkan bahwa 87 persen orang pernah memiliki hewan peliharaan yang dicuri atau memiliki kenalan yang hewan peliharaannya dicuri di Vietnam.

Penegak hukum sedang berjuang untuk menindak pencurian hewan peliharaan karena kucing dan anjing semakin banyak dicuri dan diperdagangkan untuk memenuhi permintaan pasar yang kecil namun dengan pengeluaran yang tinggi.

Pada tahun 2018, para agen mencegat sembilan kotak pendingin yang berisi hampir satu ton kucing beku yang melakukan perjalanan antara provinsi Dong Nai di selatan dan provinsi Thai Binh di utara.

Melalui program Models for Change, HSI membantu menyelamatkan dua puluh kucing dan anak kucing dari kematian di rumah jagal di Vietnam.

Skema ini diluncurkan tahun lalu setelah meraih kesuksesan di Korea Selatan sejak tahun 2015, yang baru-baru ini mengumumkan rencana untuk melarang makan anjing pada tahun 2027.

Mereka mengatakan bahwa Doanh menghubungi mereka setelah mereka bekerja sama dengan seorang pemilik restoran daging anjing lokal, untuk mencari jalan keluar dari bisnis ini.

Tim penyelamat HSI memindahkan kucing-kucing yang mengalami trauma dari properti milik Nguyen di Thailand pada hari terakhir bisnis tersebut dan menyaksikan Doanh merobohkan papan nama 'daging kucing' di restoran tersebut.

Kucing-kucing tersebut telah divaksinasi dan dirawat sebelum mereka dapat diadopsi oleh masyarakat setempat dan ditempatkan di rumah baru.

Quang Nguyen, manajer program pendamping hewan dan keterlibatan Humane Society International di Vietnam, mengatakan: "Kami sangat senang dapat menutup bisnis perdagangan daging kucing pertama kami di Vietnam, dan berharap ini akan menjadi yang pertama dari sekian banyak bisnis lainnya, karena semakin banyak orang seperti Tn. Doanh yang beralih dari perdagangan yang kejam ini.

Mantan pemiliknya telah membuka toko sendiri yang menjual barang-barang untuk komunitas lokalnya, demikian konfirmasi HSI kepada MailOnline hari ini.

"Tuan Doanh mengatakan kepada kami bahwa ia ingin sekali menemukan cara untuk menafkahi keluarganya, yang tidak berarti ia harus membunuh hewan karena ia tidak sanggup melakukannya lagi," kata seorang juru bicara.

"Dia juga mengatakan kepada kami bahwa dia berharap ketika berita ini tersebar, para pedagang daging anjing dan kucing lainnya akan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama, dan bahwa tindakannya berkontribusi pada upaya Vietnam untuk mengakhiri perdagangan yang kejam ini.

Meskipun sebagian besar orang Vietnam tidak makan daging kucing, namun masih ada kepercayaan bahwa konsumsi daging kucing dapat menyembuhkan kesialan, dan skala penderitaannya sangat mencengangkan.

"20 kucing dan anak kucing yang beruntung ini telah lolos dari nasib yang mengerikan dan akan mendapatkan rumah yang penuh kasih sayang, tetapi pekerjaan kami terus berlanjut untuk memastikan adanya larangan nasional terhadap perdagangan daging kucing yang membawa penderitaan dan kesengsaraan bagi banyak orang.

HSI akan terus bekerja sama dengan para pedagang anjing dan kucing untuk membantu mereka meninggalkan industri ini, sambil bekerja sama dengan pihak berwenang setempat dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi perdagangan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang risiko penyakit yang terkait dengan perdagangan dan penyembelihan hewan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya