Lebih Baik Konsumsi Garam Laut atau Garam Meja?

Ilustrasi garam
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Garam menjadi bumbu masak yang wajib hadir dalam dapur Anda. Garam sendiri berfungsi untuk menambah rasa pada makanan yang dimasak.

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Pusing Saat Puasa

Tidak sedikit dari ibu rumah tangga memiliki lebih dari satu jenis garam, mulai dari garam meja, garam laut hingga garam himalaya. Baik garam laut maupun garam Himalaya diketahui memiliki kandungan mineral asli, seperti magnesium dan kalium.

Tetapi apakah jejak mineral dan unsur-unsurnya itu membuat garam laut lebih sehat dibandingkan dengan garam meja? Banyak orang berpikir garam laut lebih baik karena mineralnya, tetapi menurut Mayo Clinic, garam laut dan garam meja memiliki nilai gizi dasar yang sama.

Terapkan Pola 5210 untuk Atasi Obesitas, Wajib Coba!

Dikutip dari Reader's Digest, garam laut dan garam meja juga memiliki jumlah natrium yang sama. Sementara menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Environmental Science and Technology, garam laut memiliki lebih dari sekadar mineral.

Dalam banyak kasus, ada juga limbah plastik di garam laut. Masalahnya adalah, adanya kantong plastik dan sampah lainnya di saluran air, sehingga menyebabkan sebagian besar merek garam laut mengandung partikel mikroplastik.

7 Strategi Ampuh agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa Ramadhan, Perbanyak Makan Buah

Lalu, bagaimana dengan yodium dalam garam meja? Diproduksi di tambang garam, garam meja mengalami lebih banyak proses daripada garam laut. Ini berarti sebagian besar garam meja tidak memiliki mineral alami.

Namun, patut dicatat bahwa sejak tahun 1920-an, produsen telah menambahkan yodium ke garam olahan. Ini adalah mineral penting untuk menjaga kesehatan tiroid. Pada saat yang sama, terlalu banyak garam juga bisa mengganggu kesehatan Anda.

Nah, dari dua jenis garam ini sebenarnya tak ada yang terbaik. Intinya adalah dalam hal asupan garam, yakni dengan tidak berlebihan mengonsumsinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya