7 Makanan Tahun Baru Imlek Ini Akan Membawa Keberuntungan, Apa Saja?

Jeruk tangrine
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sejumlah makanan ini hanya disajikan saat perayaan tahun baru imlek karena memiliki makna simbolisnya. Makanan keberuntungan disajikan selama musim festival 16 hari, terutama pada makan malam Tahun Baru Imlek di Malam Tahun Baru, yang diyakini membawa keberuntungan untuk tahun yang akan datang.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Simbolisme keberuntungan dari makanan tradisional Tahun Baru Imlek ini didasarkan pada pengucapan atau penampilannya. Tidak hanya hidangan itu sendiri yang penting, tetapi juga persiapan, dan cara menyajikan dan makan sangat berarti. Berikut makanan tahun baru imlek yang bisa membawa keberuntungan di tahun 2022 dikutip dari chinahighlights.com.

1. Ikan — Peningkatan Kemakmuran

Pameran Otomotif Berubah Jadi Tragedi, 5 Orang Ditabrak Mobil Listrik

ikan lele

Photo :
  • U-Report

Dalam bahasa Cina, "ikan" terdengar seperti 'surplus'. Ikan adalah hidangan Tahun Baru Imlek tradisional pada menu makan malam Tahun Baru Imlek. Orang Tionghoa selalu ingin memiliki surplus di akhir tahun, karena mereka berpikir jika mereka telah berhasil menabung di akhir tahun, maka mereka dapat menghasilkan lebih banyak di tahun berikutnya. Ikan kukus adalah salah satu resep Tahun Baru Cina yang paling terkenal. Ikan apa yang harus dipilih untuk makan malam Tahun Baru didasarkan pada homofonik yang menguntungkan.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami
  • Ikan mas crucian: Karena karakter pertama 'ikan mas crucian' terdengar seperti kata Cina (jí /jee/ 'semoga berhasil'), memakan ikan mas crucian dianggap membawa keberuntungan untuk tahun selanjutnya.
  • Ikan mas lumpur Cina: Bagian pertama dari bahasa Cina untuk "ikan mas lumpur" diucapkan seperti kata untuk hadiah ( l? /lee/). Jadi orang Tionghoa berpikir makan ikan mas selama Tahun Baru Imlek melambangkan harapan untuk keberuntungan.
  • Lele: Bahasa Cina untuk "lele" (niányú /nyen-yoo/) terdengar seperti (nián yú) yang berarti 'surplus tahun'. Jadi makan ikan lele adalah keinginan untuk surplus di tahun ini.
  • Makan dua ikan, satu di Malam Tahun Baru dan satu di Hari Tahun Baru, (jika ditulis dengan cara tertentu) terdengar seperti keinginan untuk surplus tahun demi tahun.
  • Jika hanya satu ikan lele yang dimakan, memakan bagian atas ikan pada malam tahun baru dan sisanya pada hari pertama tahun baru dapat diucapkan dengan arti homofonik yang sama.

2. Pangsit Cina — Kekayaan

Makan Pangsit

Photo :

Dengan sejarah lebih dari 1.800 tahun, pangsit ( Jiozi /jyaoww-dzrr/) adalah makanan keberuntungan klasik untuk Tahun Baru Imlek, dan hidangan tradisional yang dimakan pada Malam Tahun Baru Imlek, sangat populer di Tiongkok, terutama di Tiongkok Utara.

Pangsit Cina dapat dibuat agar terlihat seperti batangan perak Cina (yang bukan batangan, tetapi berbentuk perahu, lonjong, dan kedua ujungnya dimiringkan). Legenda mengatakan bahwa semakin banyak kue yang dimakan selama perayaan Tahun Baru, semakin banyak uang yang dapat di hasilkan di Tahun Baru.

Pangsit umumnya terdiri dari daging cincang dan sayuran cincang halus yang dibungkus dengan kulit adonan tipis dan elastis. Isi populer adalah daging babi cincang, udang potong dadu, ikan, ayam giling, daging sapi, dan sayuran. Mereka bisa dimasak dengan merebus, mengukus, menggoreng atau memanggang.

3. Lumpia — Kekayaan

lumpia

Photo :

Lumpia ( Chnjun /chwnn- jwen/) mendapatkan namanya karena mereka dimakan secara tradisional selama Festival Musim Semi. Ini adalah hidangan Tahun Baru Imlek yang sangat populer di Tiongkok Timur: Jiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzhen, Hong Kong, dll.

Lumpia adalah hidangan dim sum Kanton dari gulungan berbentuk silinder yang diisi dengan sayuran, daging, atau sesuatu yang manis. Isian dibungkus dengan pembungkus adonan tipis, lalu digoreng, saat lumpia diberi warna kuning keemasan.

4. Glutinous Rice Cake (Kue Beras Ketan) — Penghasilan atau Posisi Lebih Tinggi

Glutinous Rice Cake (Kue Beras Ketan)

Photo :
  • chinahighlights.com

Kue beras ketan ( Niáng?o /nyen-gaoww/) adalah makanan keberuntungan yang disantap pada Malam Tahun Baru Imlek. Dalam bahasa Cina, kue beras ketan terdengar seperti itu berarti "semakin tinggi dari tahun ke tahun". Dalam pikiran orang Cina, ini berarti akan semakin tinggi, serta semakin makmur dalam bisnis adalah peningkatan umum dalam kehidupan. Bahan utama niangao adalah ketan, gula, kastanye, kurma Cina, dan daun teratai.

5. Sweet Rice Balls (Bola Nasi Manis) — Kebersamaan Keluarga

Sweet Rice Balls (Bola Nasi Manis)

Photo :
  • chinahighlights.com

Bola nasi manis ( T?ngyuán /tung-ywen/) adalah makanan utama untuk Festival Lentera Tiongkok, namun, di Tiongkok selatan, orang memakannya selama Festival Musim Semi. Pengucapan dan bentuk bulat tangyuan dikaitkan dengan reuni dan kebersamaan. Itu sebabnya mereka disukai oleh orang Tionghoa saat perayaan Tahun Baru.

6. Longevity Noodles (Mie Panjang Umur) — Kebahagiaan dan Umur Panjang

Mie Panjang nUmur

Photo :
  • TVOne

Mie panjang umur ( Chángshòu Miàn /chung-show myen/) secara mengejutkan melambangkan keinginan untuk panjang umur. Panjangnya dan persiapannya yang tidak terputus juga merupakan simbol dari kehidupan pemakan. Ini adalah makanan keberuntungan yang dimakan pada Hari Tahun Baru Cina di Cina Utara. Mereka lebih panjang dari mie normal dan tidak dipotong, baik digoreng dan disajikan di atas piring, atau direbus dan disajikan dalam mangkuk dengan kaldu.

7. Good Fortune Fruit (Buah Keberuntungan) — Kepenuhan dan Kekayaan

Orange atau jeruk saat Imlek di China

Photo :
  • U-Report

Buah-buahan tertentu dimakan selama periode Tahun Baru Cina, seperti jeruk keprok, dan pomelo. Mereka dipilih karena mereka sangat bulat dan berwarna "emas", melambangkan kepenuhan dan kekayaan, tetapi lebih jelas untuk suara keberuntungan yang mereka bawa saat diucapkan.

Makan dan memajang jeruk keprok dan jeruk diyakini membawa keberuntungan dan rejeki karena pengucapannya, bahkan tulisannya. Bahasa Cina untuk jeruk adalah (chéng /chnng/), yang terdengar sama dengan bahasa Cina untuk 'sukses'. Salah satu cara penulisan jeruk keprok ( jú /jyoo/) mengandung karakter Cina untuk keberuntungan ( jí /jee/).

Makan pomelo / shaddocks dianggap membawa kemakmuran terus menerus. Semakin banyak memakannya, semakin banyak kekayaan yang akan dihasilkan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya