Bosan dengan Ayam? Yuk Moms, Bikin Opor Tahu Telur Buat Lebaran

Opor Ayam
Sumber :
  • Pixabay/ Sharonang

VIVA – Opor menjadi salah satu menu wajib saat merayakan Lebaran untuk disantap bersama keluarga. Nah, jika kamu bosan dengan bahan ayam, jangan khawatir. Kamu bisa menggantinya dengan tahu dan telur yang tak kalah bernutrisi.

Ramadhan Jadi Berkah untuk Produsen HP China

Selain sebagai sumber protein, tahu juga mengandung karbohidrat, serat dan lemak. Kandungan asam amino esensial dan berbagai mineral penting, seperti kalsium, selenium, fosfor, magnesium, dan zat besi, juga ada pada tahu. 

Sementara telur tak perlu diragukan lagi. Telur bahkan mengandung hingga 11 vitamin berbeda. Mulai dari vitamin B2, D, E, vitamin B5, B12, dan masih banyak lagi. Sumber protein hewani ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Siap masak untuk Lebaran? Yuk, intip resep opor tahu telur berikut ini, dikutip dari Dapur Umami, Jumat 29 April 2022.

Telur ayam (ilustrasi)

Photo :
  • Freepik/freepik
Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

Bahan:
4 butir telur rebus
4 buah tahu (potong dadu)
2 lembar daun salam
1 batang serai
1 ruas laos
300 ml air santan encer
1 sendok teh Masako rasa sapi
1/2 sendok teh gula pasir

Bumbu halus:
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar bubuk
1 cm jahe
1 cm kunyit
1 buah cabai merah besar

Cara memasak:
1. Goreng telur rebus dan tahu, angkat dan tiriskan.
2. Tumis bumbu halus hingga harum.
3. Campurkan telur dan tahu goreng dengan bumbu tumisan. Tambahkan santan encer, Masako rasa sapi, dan gula, aduk. Masak hingga mendidih lalu sajikan.

Telur

Photo :
  • Times of India

Di sisi lain, Ajinomoto bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar aksi berbagi paket buka puasa kepada para pahlawan kebersihan lingkungan yang tinggal di sekitar Kalibaru, Jakarta Utara. Mereka menghadirkan Humanity Food Bus yang memasak lebih dari 1.100 porsi makanan dan dibagikan kepada warga Kalibaru dan sekitarnya.

Head Department Public Relations PT Ajinomoto Indonesia, Grant Senjaya, menyampaikan, mereka turut mengajak beberapa rekan media untuk berbagi menu berbuka puasa sehat untuk warga Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. 

"Kegiatan hari ini, selain merupakan salah satu wujud kepedulian Ajinomoto di bulan Ramadhan, juga merupakan salah satu cara kami untuk memperkenalkan kampanye Bijak Garam yang merupakan inisiatif Ajinomoto dalam meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia," kata dia.

Grant menambahkan, menu iftar yang dibagikan merupakan contoh menu bijak garam yang sudah disusun secara khusus oleh ahli gizi.

Ilustrasi azan Magrib waktu buka puasa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Melalui kampanye Bijak Garam, kami ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan," paparnya. 

Secara keseluruhan, kegiatan ini berlangsung pada 13, 18, dan 20 April 2022 dan dilaksanakan di 3 tempat, yakni Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Terjun - Medan, Kampung Genderuwo - Surabaya, dan Kalibaru - Jakarta Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya