Gurihnya Soto Kering, Cita Rasa Klaten Dibalut Konsep Kekinian

Soto kering.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Kuliner – Siapa yang tidak mengenal soto? Sajian Nusantara yang cukup disukai oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Menu soto sudah dikenal sejak abad ke-19 sebagai makanan khas Indonesia dan awalnya berasal dari daerah Semarang, Jawa Tengah. 

Tukang Soto Jualan Pakai Apple Vision Pro Seharga Puluhan Juta, Netizen Melongo

Ada beragam jenis soto, di antaranya soto Betawi, soto Lamongan, soto Kudus, soto lenthok, soto Makassar, soto Banjar, dan masih banyak lagi. Nah, kalau soto kering, sudah pernah coba belum? 

Ya, Foodstory Group melalui salah satu brand kulinernya Soto Legenda, menghadirkan soto kering, sebagai menu istimewanya. Lalu, apa yang membedakan soto kering ini dengan sajian soto yang lain? 

Kebakaran di Rumah Makan Soto Gandaria, 90 Motor Hangus Terbakar

Co-Founder dan CEO Foodstory Group, Dennish Tjandra, mengatakan, penyajian menu soto kering yang berbeda dari soto berkuah, adalah daya tarik yang diberikan. 

Soto Betawi Lengkap

Photo :
  • Cookpad @Windu Restina
Icip-icip Soto Tangkar Sate Kuah yang Lagi Viral, Gak Sabar Antre Dijamin Rugi

Menurutnya, hadirnya menu ini terinspirasi dari gaya hidup dan hiruk pikuk masyarakat perkotaan Indonesia yang identik dengan berangkat pagi dan bergerak cepat. Tidak hanya itu, Soto Legenda juga mengambil inspirasi dari soto Klaten yang kemudian dipadupadankan dengan konsep modern, sehingga terciptalah pilihan menu soto kering.

"Ketika bergabung di bawah naungan Foodstory Group, Soto Legenda memberikan daya tarik tersendiri kepada kami. Misi mereka adalah untuk mengubah persepsi masyarakat bahwa soto hanya hidangan sederhana dan banyak kuahnya," ujar Dennish dalam keterangannya, Rabu 13 Juli 2022.

"Mereka mengembangkan resep soto dan ingin menjadikan menu ini sebagai salah satu makanan yang dapat mengikuti tren serta konsep kekinian di masyarakat Indonesia," tambah dia.

Dennish melanjutkan, berbeda dengan soto yang biasa dihidangkan dengan mangkuk ataupun dibungkus plastik, soto kering ini hadir dalam bentuk kemasan. Hidangan disajikan dalam satu wadah mangkuk take away seperti hidangan rice bowl yang kini banyak digunakan. 

"Nasi atau mi digabungkan dalam satu kemasan dengan isian soto yang sudah diolah dengan bumbu basah khas Nusantara, sehingga para pecinta soto dapat menikmati sajian soto kering secara langsung tanpa ribet, kapan saja dan di mana saja," paparnya. 

Lebih lanjut Dennish menjabarkan, selain soto kering, Soto Legenda tetap masih menghadirkan varian menu soto lokal umumnya, seperti soto Kudus dan soto Betawi. Namun, dia menegaskan, kehadiran menu soto kering ini telah menjadi Soto Kering To Go pertama yang dihadirkan untuk pecinta kuliner Nusantara.

"Mereka tetap menghadirkan varian menu lokal karena melihat bahwa masih banyak masyarakat yang menikmati sajian soto dengan menggunakan keaslian rempah dari daerah tertentu, seperti soto Kudus dan soto Betawi,” tambah Dennish.

Soto Legenda telah memiliki total 3 titik penjualan yang tersebar di daerah Kramat, Cipete dan Pluit, Jakarta. Menu makanan di sini juga sudah bisa dipesan lewat aplikasi makanan online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya