Escargot, Menu Bergizi Rakyat Jelata Jadi Sajian Mewah Harganya Jutaan

Escargot
Sumber :
  • healthyeating

VIVA Lifestyle – Escargot, atau daging siput yang dimasak merupakan hidangan pembuka tradisional ala Prancis yang kini begitu populer. Bahkan, escargot sendiri memiliki harga jual fantastis, yang awalnya menjadi menu rakyat jelata dengan rasa nikmat nan bergizi tinggi.

Prabowo soal Program Makan Bergizi: Kalau Tak Sekarang, 18 Tahun Lagi RI Jadi Bangsa Lemah

Dikutip dari laman It Food Tastic, escargot awalnya berfungsi sebagai makanan bagi populasi massal dan bahkan menjadi penyelamat bagi orang miskin. Di zaman dulu, berburu di hutan majikan dilarang dan dagingnya hanya tersedia untuk lapisan masyarakat atas, rakyat jelata mulai memasak daging siput dan katak. 

Kini, hidangan escargot semakin populer, dan diizinkan untuk dikonsumsi selama mampu mengambilnya. Bahkan tak sedikit, mengolah siput untuk diawetkan dan dikalengkan untuk dibawa mendaki. Escargot juga memiliki rasa dengan rempah-rempah aromatik, berkat dagingnya yang memperoleh rasa dan aroma khusus.

Jadi Rahasia Umur Panjang, 10 Makanan Jepang Paling Bergizi Wajib Ada di Menu Diet

Seiring perubahan zaman, Escargot menjadi makanan lezat dan kian mahal karena permintaan yang terus meningkat di tengah menipisnya sumber daya alam. Pada pertengahan abad ke-20, populasi alami siput yang dapat dimakan di negara-negara beradab Eropa sangat berkurang sehingga penangkapan industri hewan itu akhirnya dilarang.

Mengapa escargot begitu mahal? Escargot sangat mahal karena permintaan jauh melebihi pasokan. Bahkan orang Prancis, yang membuat escargot populer, tidak memiliki cukup siput dan harus mengimpor escargot dari negara-negara Eropa Timur, dari Balkan, dan Yunani dan Turki.

Upayakan Masyarakat Hidup Sehat, PAN Beri Perhatian Soal Makanan Bergizi

Harganya pun kini sangat luar biasa. Satu pon escargot yang dikupas (100 siput) berharga $80 atau setara dengan Rp1,8 juta. Jika Anda memesan escargot di restoran, 6-12 escargot akan dikenakan biaya antara US$15-$50 atau Rp223 ribu hingga Rp744 ribu, tergantung pada jenis restoran dan lokasinya. Bahkan, kedai makanan tak segan meminta pelanggan untuk membayar $5-$10 untuk satu gram kaviar escargot atau sekitar Rp150 ribu.

Nilai jual Escargot yang tinggi juga berasal dari nutrisi daging hewan tersebut yang sangat baik. Daging siput tersebut hampir bebas lemak, bebas karbohidrat, dan bebas gula. Menurut Database Nutrisi Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu porsi 3 ons siput mengandung sekitar 76 kalori. 

Meskipun mereka tidak memiliki serat, siput adalah sumber protein tanpa lemak yang baik, memberi Anda 14 gram per porsi. Siput juga menyediakan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh Anda. Berikut deret nutrisi escargot dikutip dari laman Healthy Eating.

Mineral

Siput kaya akan zat besi, mengandung 3 miligram per porsi. National Institutes of Medicine merekomendasikan kebanyakan orang dewasa mendapatkan setidaknya 8 miligram zat besi per hari, sementara wanita berusia 19 hingga 50 tahun membutuhkan 18 miligram per hari dan wanita hamil membutuhkan 27. 

Satu porsi juga mengandung 212 dari 300 miligram magnesium yang Anda butuhkan setiap hari, 231 dari 580 miligram yang direkomendasikan untuk fosfor dan 325 miligram, atau mendekati 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan, kalium. Hewan itu juga memiliki sejumlah kecil sumber kalsium, natrium dan seng.

Vitamin

Daging siput tidak terlalu kaya vitamin, tetapi satu porsi memberi Anda sekitar 35 persen dari 12 miligram vitamin E per hari yang direkomendasikan USDA untuk orang dewasa. Pusat Kesehatan McKinley mencatat bahwa antioksidan ini memainkan peran penting dalam membantu tubuh Anda membentuk sel darah merah, otot, dan jaringan lain.

Peningkatan suasana hati

Ilustrasi bahagia dalam bekerja.

Photo :
  • U-Report

Saat Anda sedang dalam suasana hati yang buruk, makan escargot dapat membantu Anda mengatasinya. Siput, tiram, kerang, dan cumi-cumi semuanya mengandung bahan kimia yang disebut triptofan, yang membantu otak Anda memproduksi serotonin.

Neurotransmitter penting ini berperan dalam pengaturan tubuh Anda tentang kontrol impuls tidur dan nafsu makan. Meningkatkan asupan makanan yang kaya serotonin dapat membantu meningkatkan mood Anda.

Pengolahan tepat adalah kunci nikmatnya

Meskipun siput sendiri sehat, bahan yang Anda gunakan saat memasaknya dapat menambahkan komponen yang tidak diinginkan ke makanan Anda. Misalnya, escargots bourguignon adalah metode umum Prancis memasak siput dalam saus mentega bawang putih.

Sebuah resep yang menghasilkan empat porsi membutuhkan dua pertiga cangkir mentega. Setiap porsi mengandung 277 kalori dan 31 gram lemak. Agar makanan tetap bergizi, carilah resep yang tidak menggunakan mentega, atau gantilah dengan minyak yang lebih rendah lemak jenuh, seperti minyak zaitun atau minyak canola.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya