Resep Hong Kong Milk Tea, Minuman Manis Populer Cocok Untuk Suguhan Lebaran

Hong Kong Milk Tea
Sumber :
  • IG @serena_food_and_fun

VIVA Kuliner – Menjelang Lebaran, ibu-ibu rumah tangga mulai mempersiapkan menu makanan untuk disuguhkan kepada tamu yang datang ke rumah untuk bersilaturrahmi. Biasanya, meja di ruang tamu akan dipenuhi dengan aneka snack dan kue kering khas lebaran seperti nastar, putri salju, dan sebagainya.

Menjelajahi Takjil Sunan Ampel: Temukan Kesegaran Es Sharbat Khas Pakistan

Makanan-makanan hari raya juga menjadi hal terpenting yang harus disediakan di atas meja. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Beberapa di antaranya yang populer dan nikmat untuk dimakan dengan ketupat adalah opor ayam, rendang, gulai ayam, dan masih banyak lainnya. Selain aneka macam makanan dan kue kering, tuan rumah juga harus menyajikan minuman yang enak.

Tips Hidangkan Es Jelly Buah Segar, Takjil Spesial untuk Buka Puasa

Di tengah cuaca yang panas, tentunya banyak tamu yang mendambakan minuman segar dan manis untuk mengembalikan tenaga setelah lelah berkeliling. 

Chef Yuda Bustara, yang merupakan salah satu chef selebriti, membagikan minuman khas Hong Kong yang cocok dijadikan suguhan Hari Raya Idul Fitri.

Resep: Segarnya Minuman Salted Caramel Milk

Sebagai pencinta makanan dan minuman manis, Chef Yuda memberikan cara membuat Hong Kong Milk Tea yang manis dan menyegarkan.

Bahan yang Diperlukan:

- 700 ml air panas

- 5 sendok makan daun teh (Ceylon Black Tea atau teh hitam kesukaan)

- 160 ml susu evaporasi

- 45 ml susu kental manis

- Saringan teh panjang

Hong Kong Milk Tea

Photo :
  • IG @serena_food_and_fun

Cara Membuat:

1. Tambahkan 6 gelas air yang sangat panas ke dalam panci. Tambahkan teh dan didihkan. Kecilkan api dan didihkan dengan api kecil selama 15 menit.

2. Saring teh berkali-kali untuk mendapatkan teh yang pekat dan halus.

3. Porsi tehnya dalam cangkir. Campukan dalam 1/3 cangkir susu evaporasi dan sekitar 1 sendok susu kental manis, atau secukupnya sesuai selera. Aduk hingga rata dan nikmati.

4. Beri es batu jika ingin dingin.

Hong Kong Milk Tea adalah minuman yang menjadi bagian dari budaya makan siang masyarakat setempat. Warga Hong Kong sangat menyukai minuman yang satu ini bahkan bisa mengonsumsi sekitar 900 juta gelas/cangkir per tahun.

Meski berasal dari Hong Kong, saat ini milk tea juga bisa ditemukan di berbagai negara termasuk Indonesia.

Milk tea juga mulai dikembangkan dengan berbagai variasi seperti menambahkan boba, jelly, atau puding saat disajikan. Minuman terpopuler keempat di Hong Kong ini memiliki cara pembuatan yang uni sehingga membuatnya tercantum dalam daftar perwakilan Warisan Budaya Takbenda Hong Kong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya