Keju Organik Ramah Lingkungan Hadir di Indonesia

Keju Organik/Keju Mazaraat
Sumber :
  • VIVA/Trisya Frida

Jakarta – Keju organik, bukan hanya lezat tetapi juga ramah lingkungan telah muncul sebagai pilihan yang semakin populer di kalangan pecinta keju. Produksi keju organik melibatkan praktik-praktik pertanian yang berkelanjutan dan etika yang memprioritaskan kesejahteraan hewan serta kualitas produk. 

Terpopuler: Waktu yang Tepat untuk Makan Malam, Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia

Salah satunya keju organik pertama di Indonesia yang diciptakan oleh pasangan visioner Muhammad Najmi dan Nieta Pricilia Puspitasari pada tahun 2015 lalu yang diberi nama Keju Mazaraat.

Keju Organik/Keju Mazaraat

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida
Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia, Sekali Makan Bikin Muntah Hingga Diare Berdarah

Keju Muzaraat adalah contoh yang cemerlang dalam seni pembuatan keju artisan di Indonesia. Pembuatannya berlokasi di Dusun Cancangan, Kalurahan Wukirsari, Yogyakarta, dan telah menempuh perjalanan panjang dalam menjunjung tinggi cita rasa dan tradisi luar biasa dalam pembuatan keju.

Perjuangan panjang mereka dimulai dengan eksplorasi produk sehat dan menyehatkan yang dilanjutkan dengan menempuh sertifikasi cheese master di dua negara produsen dunia, yaitu Putaruru, Selandia Baru dan Auvergne, Prancis.

Resep Sederhana Kue Kastengel yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

Keju Organik/Keju Mazaraat

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida

Awalnya, Keju Mazaraat hanya beroperasi sebagai pembuat keju artisan skala rumah tangga di Indonesia. Namun, dengan tekad dan semangat, Mazaraat Cheese berkembang menjadi perusahaan dengan kapasitas produksi mencapai 9 ton keju per bulan. Saat ini, perusahaan ini beroperasi di berbagai lokasi, termasuk Solok di Sumatera Barat dan Pasuruan di Jawa Timur, sementara rumah mereka di Yogyakarta tetap menjadi pusat keasliannya.

Pada akhir tahun 2022, Mazaraat menjalin kerjasama dengan Arla Food, perusahaan keju besar dari Denmark. Kunjungan tim Arla ke Yogyakarta juga dihadiri oleh Kementerian Pertanian, Koperasi Peternakan Sapi Perah (KPSP) Setia Kawan (Pasuruan), serta LSM Organik. Hasil kunjungan ini adalah kerjasama untuk mengembangkan susu organik yang dihasilkan oleh Koperasi Setia Kawan menjadi keju organik. Keju organik pertama di Asia ini adalah hasil kerjasama dengan dukungan pemerintah Denmark melalui Arla Food.

Mazaraat terus menentukan arah dalam pembuatan keju di Indonesia dengan fokus pada kualitas, inovasi, dan keberlanjutan. Melakukan perluasan jangkauan dan keterlibatan dalam usaha organik, Mazaraat Artisan Cheese adalah bukti nyata bagaimana semangat dan dedikasi dapat menciptakan perubahan positif dalam industri keju Indonesia.

Owner and Cheese Maker Mazaraat Artisan Cheese, M Jamie Najmi menyampaikan bahwa yang membedakannya adalah keju artisan "lebih clean" daripada produk-produk lain karena tidak melibatkan intervensi bahan kimia dalam proses pembuatannya. 

“Jadi secara umum karena tidak ada intervensi dari chemical di dalam proses mulai dari paten sampai jadi pakan ternak sampai jadi keju, dia satu lebih clean, dia lebih bisa mengcapture atau merecord kondisi alam tempat di mana dia dibuat karena tidak ada tidak tersamar oleh chemical atau MSG,” jelasnya dalam peluncuran keju organik bertajuk 'From Pasture to Palate' di hotel Pullman Jakarta pada Selasa, 26 September 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya