Choi Siwon Ketagihan Makan Ombus-Ombus, Ternyata Jajanan Khas Daerah Ini

Ombus-ombus
Sumber :
  • tvOne/Zulfahmi

VIVA – Member Super Junior, Choi Siwon hadir menjadi tamu spesial dalam episode terbaru ajang memasak MasterChef Indonesia (MCI) musim 11, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Anggota boy group asal Korea Selatan itu mencicipi salah satu makanan tradisional khas Tapanuli Utara, yakni Ombus-ombus yang dibuat oleh tim biru. Ia memuji makanan yang satu ini.

Lantas, apa itu Ombus-ombus?

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

Ombus-ombus

Photo :
  • Cookpad @Yanty Manroe

Makanan atau jajanan ini adalah makanan khas Batak yang berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara. Ombus-ombus terbuat dari tepung beras yang diberi gula di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang. Saking banyaknya komunitas suku Batak yang menetap di Kota Medan, kue ini menjadi sangat terkenal di sana.

Kejam! Bocah Yatim di Tapanuli Tengah Dianiaya hingga Dimasukkan ke Karung oleh Tantenya Sendiri

Kue berbentuk kerucut ini dibalut dengan daun pisang. Dalam pembuatannya, tepung beras dicampur dengan gula aren di bagian pusatnya. Sehingga ketika dikunyah, kelembutan gula aren di dalamnya akan menyatu dengan lidah, memberikan sensasi rasa manis yang menggoda selera. 

Menikmati Ombus-ombus di pagi hari, kala masih panas dan baru saja dibuat, bersama cangkir teh atau kopi, tentu merupakan kenikmatan tersendiri.

Asal-usul Nama Ombus-ombus

Ombus-ombus

Photo :
  • Cookpad @Wiwin Andriani

Berbicara tentang asal-usul penggunaan nama "ombus-ombus" dalam jajanan tradisional ini, seorang warga asal Medan Perjuangan, Ani mengatakan jika ini memiliki hubungan dengan tradisi suku Batak di masa lalu.

Mereka sering menyajikan hidangan ini kepada tamu dalam keadaan masih panas, segar dari pemanggangan. Terungkap bahwa penggunaan kata "ombus-ombus" memiliki makna khusus.

Awalnya, istilah "Ombus" berasal dari kata "mangombus," yang artinya adalah proses meniup atau mendinginkan sesuatu dengan tiupan udara. 

Karena biasanya orang yang memakan kue ini akan meniupnya terlebih dahulu dikarenakan kondisinya yang masih panas.

“Dahulu orang kita Batak kalau ada tamu mau datang itu makanan yang kita kasih ya Ombus-ombus. Kenapa Ombus-ombus, itu memang sudah kebiasaan dari sananya seperti itu. Pas datang tamu sudah masak kan jadi masih panas-panas kita letak dipiring untuk kasih ke tamu makan,” ungkap Ani, dikutip dari tvOneNews, Senin, 23 Oktober 2023. 

“Kalau alasan namanya kenapa Ombus-ombus itu dari bahasa Batak kitanya. Mangombus itu tapi biar singkat jadi Ombus-ombus, artinya sama hembus, kita tiup-tiup saat mau makan biar tidak panas kali dimulut. Kalau dingin dimakan bukan Ombus-ombus namanya,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya