Lima Kesalahan Ayah Tunggal dalam Mendidik Anak

Ilustrasi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Membesarkan anak-anak tanpa seorang ibu di rumah adalah aspek yang menantang bagi seorang ayah. Ya, itu adalah tugas yang sangat sulit. 

Puji Cara Natasha Rizky Mendidik Agama ke Anak-anak, Desta Kerap Merasa Takjub

Anak-anak membutuhkan ibu dan ayah, tetapi jika perceraian atau kematian membuat seorang pria menjadi ayah tunggal, maka ia mungkin harus ekstra hati-hati tentang membesarkan anak-anaknya.

Berikut, kesalahan di depan anak yang tidak boleh dilakukan seorang ayah, seperti dilansir laman Boldsky :

Begini Cara Inara Rusli Mendidik Anak Supaya Terhindar dari Bullying

Minum miras di depan anak

Jangan pernah minum minuman keras, atau berakohol ketika di depan anak. Bahkan, mengajak anak Anda ke pesta yang banyak orang dewasanya. Anak Anda kemungkinan akan meniru apa yang Anda lakukan.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Mengabaikan perawatan

Seorang ibu cenderung mengurus anak-anaknya dengan baik. Tetapi, ketika seorang ibu tidak ada, Anda perlu memainkan peran tersebut, meskipun mempunyai pengasuh. Hal ini, karena pengasuh tidak dibayar untuk memiliki cinta orangtua dan anak.

Tidak menghabiskan waktu dengan anak

Meskipun Anda sibuk, ingat bahwa anak-anak Anda membutuhkan perhatian sampai mereka menjadi dewasa. Jangan biarkan pekerjaan mendominasi hidup Anda.

Memarahi tanpa sebab

Jangan memarahi anak-anak Anda, walaupun Anda kehilangan kesabaran. Hal ini dapat kenangan yang membekas hingga dewasa. Meskipun frustasi ketika membesarkan anak-anak sendiri, Anda mungkin perlu untuk mengembangkan kesabaran demi anak-anak Anda.

Mengabaikan pendidikan mereka

Mengawasi studi mereka sangat penting untuk membuat mereka mengembangkan minat yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan mereka. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya