Manfaat Jadi Orangtua yang Selalu Bilang 'Iya Boleh' ke Anak

Ilustrasi anak bermain.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Membiarkan anak bereksplorasi memerlukan kepercayaan tinggi dari orangtua. Karena biasanya orangtua, terlebih ibu, memiliki kecemasan tersendiri yang didorong naluri untuk melindungi anaknya. Tak jarang, kekhawatiran yang berlebihan akhirnya membuat anak malah tidak berkembang.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Perlu diketahui bahwa dengan memberi izin anak untuk bebas mengeksplorasi dunianya, berkontribusi pada tumbuh kembang kecerdasan psikomotoriknya.

Ilustrasi ibu bermain bersama anak.

Pakar Gizi Paparkan Pentingnya Zat Besi untuk Pertumbuhan Fisik dan Kognitif Anak

"Untuk mencapai potensi optimal, anak harus bereksplorasi. Tapi kenyataannya orangtua masih sering berkata 'tidak boleh' bukan 'iya boleh.' Berkata tidak boleh terlalu sering, akan menghambat potensi maksimal mereka. Namanya anak curious (ingin tahu) terus, dan percaya itu hal bagus," kata Alvin Wiradarma, Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+, dalam jumpa pers DANCOW Iya Boleh Camp, di Plataran Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa, 24 April 2018.

Modal untuk anak bisa mengeksplorasi dengan baik adalah nutrisi yang tepat sejak golden time atau usia keemasan, yaitu berkisar di usia balita.

Mana yang Lebih Baik Antara Susu UHT dan Susu Formula untuk Anak? Begini Kata Pakar Gizi

Nutrisi Modal Utama

Nutrisi tepat akan memberi perlindungan dari dalam tubuh anak. Ini penting karena merupakan pondasi tercapainya tumbuh kembang optimal. Tak hanya nutrisi, stimulasi dan cinta dan kasih sayang dari orangtua juga berperan dalam pertumbuhan anak.

"Momen pertama si kecil melakukan sesuatu adalah momen penting baginya. “The moment of truth" yang akan menorehkan warna yang akan dibawa terus. Kunci dia akan masuk ruang eksplorasi lebih luas. Eksplorasi pertama luar biasa penting karena itu “The Moment of Truth”, dan penting, bunda dan ayahnya ada. Saat bunda ayahnya ada, si kecil jadi lebih percaya diri," kata psikolog, Dra. Ratih Ibrahim, MM.

Berani melakukan eksplorasi dengan dukungan orangtua yang berani mengatakan "iya boleh" akan meningkatkan kemampuan si kecil. Eksplorasi merupakan bagian stimulasi di mana si kecil bisa belajar lebih banyak, keterampilan bertambah, dan skill motorik meningkat.

Seperti yang dilakukan Ussy Sulistyawati yang akhirnya mulai berani mengatakan "iya boleh" pada keempat anaknya. "Jujur aku orang tua yang bilang 'no' bahkan ke kolam renang. Sampai anak-anak depan aku iya-iya saja, tapi dalam hati enggak tahu. Tapi setelah acara pertama (DANCOW), ‘iya boleh’ tapi dengan alasan."

Ingin belajar dan mulai berani mengatakan "iya boleh" seperti Ussy Sulistywati, susu pertumbuhan yang telah bertahun-tahun menemani perkembangan anak Indonesia ini akan menggelar DANCOW Iya Boleh Camp di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, 28-29 April 2018.

Ilustrais ayah menasehati anaknya.

Camp tersebut akan dilengkapi dengan tujuh booth eksplorasi untuk mengasah kecerdasan si kecil, seperti kemampuan psikomotorik, perhatian, bahasa, memori, dan penyelesaian masalah. Tujuh booth eksplorasi yang dapat dinikmati oleh si kecil adalah Jemari Melukis, Tembikar Ria, Petualang Kecil, Pahlawan Cilik, Penjelajah Hutan, Prajurit Bakteri Baik, dan Teater Fauna.

Ingin belajar mulai mengatakan ‘iya boleh’, Ratih menyebutkan ada tiga hal yang harus diperhatikan. "Pastikan betul-betul eksplorasi anak aman, orangtua terlibat, dan si kecil siap (harus sesuai sama umurnya)."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya