Trik Psikologis Agar Anak Mau Makan Sayur

Ilustrasi pola makan anak
Sumber :
  • Pixabay/heikeschuchert

VIVA – Mengatasi anak yang sulit makan sayuran, terkadang membuat orangtua menempuh cara dengan memaksa anak memakannya.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Alhasil dengan adanya pemaksaan tersebut, tidak jarang anak akan semakin tidak menyukai sayur mayur. Lalu, bagaimana cara atau trik agar anak mau makan sayur? Menurut Psikolog Anak, Putu Andani, M.Psi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan metode play eatfull.

“Maksudnya, ketika makan bersama-sama anak taruh menu yang ada sayurannya di meja. Tahap awal, buat anak-anak yang tidak suka sayuran tidak perlu diapa-apakan terlebih dahulu,” kata dia dalam webinar Biasakan Anak Terapkan Gizi Seimbang Selama di Rumah Saja.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Baca juga: Trik Bikin Anak Doyan Sayur Ternyata Gampang

Putu melanjutkan, pada tahap itu orangtua cukup mengonsumsi menu sayur yang sudah tersedia di meja makan. Biarkan anak melihat, jika anak mulai menyentuh makanan namun kemudian dikembalikan lagi, orangtua juga tidak perlu bereaksi apapun.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

“Kasih dahulu asosiasi kepada anak bahwa makan itu happy dan relax bersama orangtua. Setelah dia dapat asosiasi itu, makan bukan sesuatu yang stressful, biasanya akan mudah masuk di esok harinya ketika dilakukan rutin, anak akan nyentuh saat kita rutin kasih di atas meja tanpa sadar,” jelas dia.

Saat anak sudah mulai menyentuh sayur yang disediakan di atas meja, orangtua juga tidak perlu berkomentar apapun. Atau memberikan sebuah ucapan penghargaan kepada anak, sebab kata Putu, umumnya ketika anak mendengar pujian itu dia akan taruh kembali sayur itu. 

“Karena regulasi emosi anak belum baik jadi kadang merasa malu saat dipuji seperti itu di depan orang lain akan ditaruh lagi, treat bahwa hal itu normal,” jelas Putu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya