Trik Donna Agnesia Bagi Waktu Bekerja Sambil Dampingi 3 Anak PJJ

Donna Agnesia, Darius Sinathrya dan anak-anaknya.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), yang masih diterapkan sampai sekarang, tidak hanya menjadi tantangan bagi anak tapi juga orangtua yang harus mendampingi.

Dibintangi Darius Sinathrya! Film Possession: Kerasukan, Umumkan Tanggal Tayang

Presenter cantik, Donna Agnesia pun turut merasakan hal yang sama. Memiliki tiga anak, yaitu Lionel Nathan Sinathrya Kartoprawiro, Diego Andres Sinathrya, dan Quinesha Sabrina Sinatriya, membuat dia harus bersabar saat mendampingi PJJ. Terlebih, Donna harus membagi waktunya juga untuk bekerja.

Baca Juga: Agar Anak Tidak Stres saat PJJ, Begini Trik Donna Agnesia

Ada Pengumuman Hasil Pemilu, Siswa Sekolah Dekat KPU dan Bawaslu Belajar di Rumah

"Ternyata jadi guru itu tidak mudah ya, makanya salut sama guru-guru. Ketika kita harus mendampingi anak-anak belajar di rumah, itu banyak sekali sabarnya,” ujarnya saat Peluncuran Nestle KOKO KRUNCH Nutrismarta, yang digelar virtual baru-baru ini.

“Kita juga harus berkonsentrasi, karena ibu-ibu juga harus bekerja di rumah. Membagi konsentrasi antara bekerja dan mengawasi anak-anak belajar, pasti membutuhkan ekstra energi juga," tambahnya.

Peminat Membeludak, Program Kuliah Siber Kemenag Akan Dioperasikan secara Penuh

Donna lebih lanjut mengatakan, dibutuhkan komunikasi dengan anak-anak. Ditambah, ketiga anaknya memiliki karakter yang berbeda-beda, pun dengan cara belajarnya.

"Dan katanya kan Pembelajaran Jarak Jauh itu lebih menantang, bukan hanya buat anak-anak tapi juga buat orangtua. Karena mereka membutuhkan konsentrasi dan fokus yang lebih besar. Dan tiga anak dengan karakter beda-beda, ada yang visual, ada yang audio, jadi secara pendengarannya lebih baik," lanjut dia.

Istri dari Darius Sinathrya itu bercerita, tantangan terbesar adalah mengawasi anak keduanya, Diego. Karena memiliki kecerdasan kinestetik, putranya itu paling tidak bisa diam, apalagi harus duduk berjam-jam sambil menatap layar gadget.

"Mamanya walaupun kerja, paling enggak lihatin Diego, bener enggak duduknya. Diingetin terus karena itu tugas kita harus mengingatkan. Dan abis itu diajakin ngomong, ‘Gimana dek?' dan anak-anak sekarang pintar ya, mereka tuh ada aja cara ngelesnya," tuturnya.

Untuk itu, Donna mengatakan tidak boleh kalah cerdas dan kreatif dari anak-anaknya. Namun, wanita 41 tahun itu menyadari bahwa lebih banyak waktu di rumah menjadimomen yang tepat untuk membangun komunikasi dengan anak.

"Termasuk bagaimana mempersiapkan suasana belajar di rumah yang menyenangkan buat mereka, karena pasti enggak mudah buat mereka. Kita aja yang dewasa enggak mudah, apalagi buat anak-anak," kata Donna Agnesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya