Jangan Berlebih Moms, Segini Takaran Garam dan Gula untuk MPASI

Ilustrasi MPASI/parenting.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

JAKARTA - Makanan Pendamping ASI (MPASI) diberikan setelah anak berusia 6 bulan. Pemberian MPASI bertujuan untuk melatih dan membiasakan bayi mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuhnya seiring dengan pertumbuhan usianya.

2 Juta Hektare Lahan di Merauke Bakal Jadi Kebun Tebu, Bahlil: Masa Impor Gula Terus

Selain itu, MPASI juga membantu mengembangkan kemampuan bayi dalam mengunyah dan menelan makanan. Namun, saat memulai MPASI ini tidak sedikit dari ibu yang takut untuk mengenalkan berbagai rasa pada anak. Yuk, scroll untuk info selengkapnya moms!

Salah satunya takut anak akan terbiasa mengonsumsi makanan yang tinggi akan garam dan gula di kemudian hari. Lantas bagaimana pandangan spesialis anak akan hal ini?

Adipati Dolken Berencana Gak Sekolahkan Anak, Netizen Setuju: Gak Kepake Juga Ilmunya

Spesialis anak, dr. Miza Afrizal, Sp.A menjelaskan bahwa penambahan bumbu tambahan sendiri perlu sesuai aturan. Berdasarkan penelitian, bumbu tambahan yang perlu diperhatikan adalah kadar garam. Sebab, jika mengonsumsi terlalu banyak garam dapat memengaruhi kesehatan ginjal bayi.

Gelombang Panas di Gaza, 2 Anak Palestina Dinyatakan Tewas

“Untuk usia 6 bulan sampai 1 tahun itu batas 400mg natrium atau 1 gram garam untuk satu hari. Di atas 1 tahun 2 gram garam untuk satu hari,” kata dia saat ditemui awak media di Pondok Indah Jakarta Selatan, Jumat 21 Juli 2023. 

Lebih lanjut, diungkap Miza, organ ginjal pada bayi adalah organ dalam tubuh yang paling terakhir matang. Maka dari itu, jika terlalu banyak penambahan garam dalam menu MPSI anak ditakutkan kerja ginjal anak akan berat. 

“Karena kita tahu anak-anak dari lahir organnya tidak langsung matang. Organnya masih berkembang salah satu organ paling terkahir matang adalah ginjal,” katanya. 

”Garam disaring ya di ginjal, makanya orang gangguan ginjal asupan garam harus dikurangi. Atas dasar itu karena ginjal anak belum cukup matang atau belum mature, menyaring jumlah garam terlalu tinggi maka cari tau amannya,” ujar dia.

Selain garam penting juga mengetahui batas penggunaan gula dalam menu MPASI anak. Diungkapnya penambahan gula dalam menu MPASI anak adalah sebesar 1 gram per satu kali makan anak.

Ilustrasi MPASI.

Photo :
  • Freepik/prostooleh

"Jangan takut untuk memberikan rasa atau bumbu semua sudah diteliti direkomendasi asal kadar garam sesuai kalau gula 1 gram per kali makan,” katanya. 

“Buat yang lainnya, penambahan bahan makanan semuanya hampir makanan di nusantara kaya akan bahan makanan dan hampir semuanya boleh. Bahan makanan alami dan bumbu alami seperti bawang putih, bawang merah itu boleh ditambahkan,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya