Moms Bisa Kenalkan Membaca Sejak Anak 2 Bulan agar Tak Kecanduan Gadget, Ini Anjuran Dokter

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

JAKARTA – Anak generasi saat ini begitu mudah berhadapan dengan gadget yang membuatnya memiliki waktu menatap layar alias screen time melebihi batas sehingga berdampak buruk pada kesehatan mentalnya. Padahal, para moms sebenarnya bisa mengenalkan anak untuk membaca sejak dini agar tak keranjingan pada layar kaca, lho.

Jelang Putusan Sidang Cerai, Teuku Ryan Tulis Pesan Haru Buat Anak

Dokter Anak, dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA, MARS menjelaskan bahwa menatap layar gadget terlalu lama akan menimbulkan dampak yang sangat buruk, terutama pada perkembangan anak. Sebab, anak yang baru mengenal interaksi justru tak dapat bersosialisasi dengan hanya berhadapan dengan gadget. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Screen sangat tidak baik dan bahaya untuk anak yang berkembang. Karena anak gampang tantrum, sulit tidur, konsentrasi terganggu, jadi banyak sekali yang diganggu dari screen," ujarnya dalam Virtual Media Briefing: Sambut Hari Anak Nasional, Tokopedia dan Dokter Anak Bahas Peran Penting Orang Tua Dukung Tumbuh Kembang Anak, Kamis 20 Juli 2023.

Instagram Sandra Dewi Aktif Lagi, Tapi Ada yang Berubah

Untuk melepas ketergantungan anak pada layar gadget, sebenarnya orangtua bisa mulai mengenalkan pada bacaan. Kendati begitu, kebiasaan membaca alih-alih memainkan gadget itu harus dimulai dari orangtua dengan menunjukkan momen saat membaca buku pada anak.

Penelitian Ungkap Jarang Olahraga Sejak Usia 15 Tahun Bakal Pengaruhi Masa Tua

"Buku harus terus didorong karena era gadget buku jadi nomor 2. Orangtua juga bukan baca buku tapi dari HP atau screen," imbuhnya.

Selain menjadi contoh, orangtua dapat mengenalkan anak pada buku dan bacaan dengan dilakukan kartu berisi gambar hitam putih. Di usia 2 bulan, anak sudah mulai memahami perbedaan warna sehingga gambar dan abjad yang tertera di kartu dapat mestimulasinya.

"Dua bulan saat bayi bisa menangkap warna, itu banyak kartu yang dibuat dengan warna hitam putih, bisa gambar bola, zebra dengan warna hitam putih," kata dia.

Lebih dalam, orangtua dapat mengenalkan anak pada hal-hal tersebut secara perlahan ketika sedang tummy time. Berikan pengenalan gambar dan warna ketika tummy time yang dibiarkan berserakan di sekelilingnya sehingga anak mulai memahami.

"Buku itu dasarnya gambar dan warna, maka saat tummy time diberikan berbagai barang untuk dibawa ke anak," tambahnya.

Ilustrasi ibu dan anak.

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, perkembangan anak yang sudah mulai bisa berceloteh di usia 3 bulan, membuat orangtua dapat mengenalkan selembar gambar sembari memberikan penjelasan. Dari sini, anak bisa mempelajari cara berinteraksi dan memahami gambar serta mengenali berbagai kosa kata.

"Saat anak usia 6 bulan, bisa diberikan buku sederhana. Membaca sedini mungkin dikenalkan, karena anak juga harus dicontohkan, maka orangtua mau nggak mau harus mulai pertama," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya