Patung GWK Segera Rampung Dibangun Setelah 28 Tahun

Wisatawan asing di patung Garuda Wisnu Kencana di Bukit Jimbaran, Bali
Sumber :
  • Antara/ Satya Bati

VIVA – Pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali akan segera rampung setelah 28 tahun. Hal ini diketahui usai pemasangan Mahkota Dewa Wisnu, yang menjadi modul ke-529 dari 754 total modul yang akan membentuk seluruh sosok patung GWK, pada Minggu 20 Mei 2018 lalu.

Dateng ke BaliSpirit Festival 2024, Jangan Lupa Eksplor 3 Tempat Wisata di Ubud Ini

Dengan tinggi 120 meter, patung karya dari Nyoman Nuarta ini menjadi patung kedua tertinggi setelah Spring Temple Buddha, yang memiliki tinggi 153 meter di Henan, China. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam akun instagram resminya @menpar.ariefyahya.

"Patung Garuda Wisnu Kencana akan menjadi ikon baru di Bali, sebagai patung terbesar dan tertinggi kedua dunia, 120 meter. Mengalahkan Patung Liberty AS 93 meter, Patung Yesus di Rio de Jeneiro (Christ the Redeemer) 38 meter. Dan patung The Motherland Calls 91 meter di Rusia. Hanya di bawah Spring Temple Buddha 153 meter di Henan, China, yang dibangun sejak 1997," kata Menteri Arief.

5 Destinasi Wisata Seru di Bali, Cocok untuk Liburan Keluarga
Pindah ke Bali, Model Meliza Oktavilenny Beralih Jadi Content Creator

Dia menambahkan, GWK ini juga akan menjadi taman budaya di Bali, yang sudah dibangun sejak 28 tahun, dan akan menjadi salah satu prestasi di era Presiden Joko Widodo, saat menjadi tuan rumah IMF World Bank Annual Meeting 2018.

"Peristiwa dunia yang dihelat di destinasi kelas dunia, di tempat yang merupakan karya seni patung perunggu terbesar dunia," ujar dia.

GWK ini, kata dia juga akan memperkuat Bali sebagai destinasi nomor satu dunia versi TripAdvisor 2017, yang diperoleh dari travellers review.

Patung GWK ini pun direncanakan akan selesai pada Agustus 2018 mendatang.

"Semoga sesuai jadwal untuk IMF World Bank Annual Meeting Oktober mendatang," kata Menpar. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya