10 Tempat di Dunia yang Belum Terjamah oleh Manusia, Ada Antartika!

Gunung Gangkhar Puensum
Sumber :
  • Flickr/Gangkhar Puensum

VIVA –  Ada banyak tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia. Tempat-tempat tersebut jarang atau bahkan tidak pernah dikunjungi lantaran beberapa faktor. Mulai dari faktor aksesnya yang sangat sulit, kondisinya yang terlalu ekstrem, lokasinya sangat misterius, atau mungkin karena tempat tersebut dilindungi oleh pemerintah setempat. Tempat yang masih ‘perawan’ dari manusia ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luas biasa. Nah, berikut adalah ulasan tentang tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia. 

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

1. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda

Photo :
  • U-Report
Fakta-fakta Menarik Tentang Suku Buton di Sulawesi Tenggara, yang Memiliki Bola Mata Biru

Segitiga Bermuda merupakan tempat yang paling misterius di Samudera Atlantik yang terletak di perbatasan Miami, Bermuda, dan Puerto Rico. Bahkan, tanggal 28 Agustus 2018 lalu, puluhan kapal dan pesawat menghilang secara misterius di Segitiga Bermuda. Lokasi ini pun sampai kini masih menjadi misteri lantaran tidak dapat dijangkau dan diidentifikasi oleh manusia. 

Kapal dan pesawat yang menghilang ketika melintasi Segitiga Bermuda tidak mengirimkan pesan darurat lewat radio. Karena hal itu, banyak teori fantastis tentang Segitiga Bermuda, akan tetapi belum ada yang bisa mengidentifikasi hilangnya para kapal dan pesawat yang hilang tersebut. 

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

2. Gangkhar Puensum

Gunung Gangkhar Puensum

Photo :
  • Flickr/Gangkhar Puensum

Tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia berikutnya adalah Gangkhar Puensum. Gunung ini merupakan salah satu pegunungan tertinggi yang ada di dunia. Dengan ketinggian yang mencapai 7.500 meter, gunung tersebut berada di Bhutan, yang berbatasan dengan China. Sampai saat ini, Gangkhar Puensum belum berhasil ditaklukan oleh siapapun. 

Sejak tahun 1985 hingga 1986, setidaknya sudah ada 4 tim pendaki yang mencoba untuk menaklukkan gunung ini, tapi mereka gagal. Cuaca ekstrem merupakan rintangan paling sulit yang harus mereka hadapi untuk bisa mencapai puncaknya. Kemudian tahun 1994, dibuat peraturan bahwa pendakian lebih dari 6.000 meter dilarang. Hal ini dilakukan untuk menghormati kepercayaan setempat. 

3. Palung Mariana

Palung Mariana.

Photo :
  • Nordic Life

Sudah jelas bahwa Palung Mariana atau Mariana Trench ini merupakan tempat di mana manusia modern belum pernah menjelajahi tempat ini 100 persen. Seperti yang kita ketahui bahwa Mariana adalah area laut paling dalam yang ada di planet Bumi. Saking dalamnya paling ini, jika kamu masukkan Gunung Everest ke dalam palung ini, maka gunung tersebut masih tetap kurang tinggi. 

National Geographic melaporkan bahwa kedalaman dari Palung Mariana ini adalah 11.034 meter. Palung Mariana menjadi tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia karena kedalaman dan tekanan tinggi kedalaman tersebut yang sangat berbahaya untuk keselamatan. Karena masih belum terungkap oleh manusia, diyakini masih banyak makhluk hidup yang belum diketahui yang berada di laut tersebut. 

4. Padang Gurun Namibia

Gurun Namibia.

Photo :
  • U-Report

Bila ditanya, maukah kamu tinggal di gurun pasir atau padang gurun, pasti kebanyakan dari kalian akan memilih tidak. Sebab, di tempat ini tidak ada internet, tempat hiburan, apalagi dengan suhu yang ekstrem akan menyulitkan untuk dapat bertahan hidup di padang gurun. Salah satu gurun tertua di dunia, Padang Gurun Namibia, merupakan gurun terluas yang belum banyak orang berhasil menjelajahi tempat ini. 

Terletak di Afrika Selatan, Padang Gurun Namibia membentang lebih dari 2.000 kilometer persegi di sepanjang wilayah Namibia, Afrika Selatan, dan Angola. Di tempat ini hanya ada 2 mm air per tahun sehingga membuat Padang Gurun Namibia sangat kering. Jangankan manusia, di padang gurun ini bahkan sangat jarang ditemukan hewan atau tumbuhan. 

5. Pulau Pitcairn

Pitcairn Islands

Photo :
  • Facebook World Awesome Destination

Pulau Pitcairn yang berada 3.300 mil dari Selandia Baru, tidak ada pesawat atau helikopter yang pernah mendarat di tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia ini. Kira-kira diperlukan waktu sekitar 32 jam dengan kapal pesiar untuk sampai ke pulau terpencil Pitcairn dari Aauckland, Selandia Baru. Pulau ini dikenal menjadi Wilayah Luar Negeri Inggris, tapi pemerintahannya berada di Selandia Baru. 

Wilayah tersebut juga dipandang sebagai sebuah wilayah berpenduduk paling sedikit di dunia, dengan sekitar 50 penduduk tahun 2018. Penduduk Pitcairn bahkan memerlukan perawatan medis. Mereka harus pergi ke Selandia Baru atau Fiji dan kadang tidak bisa kembali ke pulau tersebut selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk mencapai fasilitas kesehatan. 

6. Benua Antartika

Antartika.

Photo :
  • Outside Magazine

Antartika merupakan benua yang mayoritasnya tidak berpenghuni. Benua tersebut dipenuhi dengan daerah-daerah yang belum dijelajahi. Mayoritas para ahli dan peneliti yang menghabiskan waktu di Antartika berada di daerah sekitar stasiun penelitian karena bentang alam yang sangat ekstrem. 

Hal ini karena mayoritas wilayah yang ada di Benua Antartika memang sangat tidak layak huni. Ini adalah satu-satunya benua yang tidak pernah dihuni oleh manusia, 96 persen dari pulau ini tertutup dengan es yang sangat tebal, rata-rata ketebalan lapisan es yang ada di Benua Antartika adalah 1,6 kilometer. 

7. Pulau Sentinel Utara

Penghuni Pulau Sentinel mencoba menyerang pendatang.

Photo :
  • U-Report

Pulau Sentinel Utara adalah sebuah bagian dari Kepulauan Andaman di Samudera Hindia, yang hampir tidak terjamah oleh manusia modern. Dalam pulau ini ada suku penduduk asli yang dikenal dengan sebutan Sentinel dan diyakini mendiami tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia tersebut. 

Tahun 2018 lalu, pulau ini menjadi perhatian lantaran seorang misionaris Amerika dilaporkan tewas ketika berada di pulau ini dalam perjalanan misi keagamaan. Sementara itu, beberapa kru film dokumenter, antropolog, dan ahli sudah mengunjungi tahun 60-an, tapi tidak banyak yang diketahui mengenai Sentinel Utara. 

8. Pulau Devon

Pulau Devon

Photo :
  • Nasa.gov

Pulau Devon yang berada di Kanada ini digambarkan oleh NASA sebagai gurun kutub. Hal ini karena Pulau Devon yang tertutup dengan es dan berada di Arktik, Kanada. Tempat di dunia yang belum terjamah oleh manusia ini juga tidak berpenghuni. Hal ini karena suhu dan kondisinya yang ekstrem, sehingga tidak ada manusia yang mau menghuni pulau tersebut sejak 1930-an. 

Walaupun demikian, Pulau Devon tetap dipakai sebagai tempat penelitian oleh NASA. Pulau ini disebut mempunyai kondisi yang mirip dengan planet Mars, sehingga tim NASA sudah menguji peralatan dan pakaian luar angkasa di Devon sebelum memakainya di planet merah tersebut. 

9. Pulau Surtsey

Pulau Surtsey

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Surtsey merupakan sebuah pulau vulkanik yan berada di Islandia dan jarang sekali terjamah oleh manusia. Pulau ini hanya dibuka untuk kepentingan penelitian saja. Ilmuwan atau para ahli yang diperbolehkan ke sana juga harus sangat terlatik. Pulau ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang terjadi di antara tahun 1963 dan 1967. UNESCO mengatakan bahwa pulau ini menjadi salah satu wilayah yang bebas dari campur tangan manusia. 

10. Gua Son Doong

Gua Hang Son Doong, Vietnam.

Photo :
  • U-Report

Ini dikenal sebagai gua alam terbesar di dunia, sebab dipercaya sudah terbentuk sejak 3 juta tahun yang lalu. Pada tahun 2013, gua tersebut baru dibuka untuk umum pertama kalinya. Gua yang berisi stalagmit tertinggi yang diketahui di dunia, yang tingginya mencapai 70 meter. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya