7 Tempat Wisata di Gresik yang Indah, Salah Satunya Pulau Baweaan

Pulau Bawean.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa tempat wisata di Gresik yang belum banyak diketahui orang, tapi menawarkan panorama alam yang sangat memukau. Berbagai destinasi wisata populer ini bisa menjadi salah satu rekomendasi liburan di akhir pekan nanti atau bahkan di libur lebaran mendatang. Tempat wisata di kita ini sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan masih banyak yang lainnya. Ada pula spot foto kekinian dan cantik yang bisa kamu temukan di sini. 

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Gresik sendiri adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kota ini berbatasan langsung dengan kota metropolitan di Jawa Timur seperti Surabaya dan Selat Madura. Kabupaten Gresik memiliki luas yang mencapai 1.191 km persegi yang dikenal dengan perindustrian dan wisata religi seperti makam para sunan. Walaupun dikenal dengan kota industri, tapi Gresik juga memiliki tempat wisata yang dapat dikunjungi dan tidak kalah keren. 

Mulai dari bukit kapur sampai pantai yang dibenahi menjadi lebih indah, sehingga menarik para wisatawan lokal sampai mancanegara untuk mengenal dan mengetahui keindahan kota Gresik. Kamu bisa menemukan wisata pulau, bukit batu, dan wisata alam yang lainnya. Bahkan, beberapa di antaranya dapat kamu temukan wisata mangrove dan wisata alam gosari. Nah, berikut adalah ulasan tentang tempat wisata di Gresik yang disadur dari berbagai sumber. 

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

1. Pulau Bawean

Pulau Bawean.

Photo :
  • U-Report
Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Untuk kamu yang ingin menikmati wisata bahari yang mengagumkan, Gresik memiliki pulau yang dinamakan dengan Pulau Bawean. Daya tarik utama dari pulau ini adalah adanya penangkaran rusa. Kamu dapat berinteraksi dengan para rusa yang cukup ramah dan juga jinak kepada manusia. Apalagi ditambah dengan beberapa pulau lain yang juga tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi. 

Pulau-pulau yang memesona lain adalah Pantai Mombhul, Pulau Cina, hingga air terjun yang sangat menawan. Untuk menjangkau tempat wisata di Gresik ini kamu perlu memakai kapal maupun pesawat. Tapi untuk pesawat, hanya dapat dilakukan pada hari Kamis dan Selasa. Pulau Bawean ini sangat cocok untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. 

2. Pulau Noko

Pulau Noko Selayar di sekitar Bawean.

Photo :
  • http://intaninchan.wordpress.com/

Mayoritas orang masih belum mengetahui tentang kehadiran Pulau Noko beserta keindahan yang dimilikinya. Pulau dengan pasir berwarna putih yang sangat cantik ini menawarkan pesona lautan yang sangat memesona. Pulau Noko terletak di sebelah barat Pulau Gili yang bersebelahan dengan Pulau Gili Timur. Dibutuhkan perahu motor untuk dapat menyeberangi dari Pulau Bawean ke Pulau Noko dan akan menempuh waktu perjalanan 15-20 menit. 

Perahu motor ini bisa disewa dari nelayan yang ada di pinggir pantai dengan biaya mencapai Rp250 ribu untuk kapasitas 10 orang. Saking jernihnya air laut yang ada di Pulau Noko, kamu dapat melihat keindahan wisata bahari dasar laut dengan mata telanjang. Jangan pula melewatkan bermain pasir atau berenang di area pantai. Jadi, pulau Noko ini dapat masuk ke dalam salah satu destinasi wisata akhir pekan kamu. 

3. Bukit Sekapuk

Bukit Sekapuk

Photo :
  • Tangkapan Layar

Salah satu tempat wisata di Blitar yang saat ini masih menjadi idaman untuk para wisatawan adalah Bukit Sekapuk. Lokasi destinasi wisata ini berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresi. Menariknya, objek wisata ini berawal dari hasil pertambangan yang dibentuk sedemikian rupa supaya menarik untuk dilihat. 

Oleh sebab itu, hingga saat ini telah menjadi tempat untuk rekreasi bagi keluarga dan tentunya harga tiket masuk pun sangat murah. Objek wisata Bukit Sekapuk ini mengandalkan berbagai view yang bisa memikat para pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Salah satu keunikannya adalah bentuk pilar yang menjulang tinggi, ada beberapa pahatan relief, sehingga seolah-olah tengah berada di Eropa. Maka dari itu, kamu dapat mengambil spot terbaiknya di sini, termasuk bangunannya yang sangat cocok untuk di unggah di media sosial.

4. Banyu Urip Mangrove Center

Hutan Mangrove, Wonorejo

Photo :
  • U-Report

Lokasi tempat wisata yang satu ini berada di Desa Banyu Urip, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. Tempat wisata di Gresik ini memang yang paling banyak disambangi oleh para pengunjung dan menariknya menjadi eco wisata terbaik di Gresik. Suasana yang ada di kawasan hutan mangrove ini sangat sejuk, sebab nuansa dedaunan mangrove selalu menutupi perjalanan pengunjung. 

Bukan hanya itu, jalanan di hutan mangrove yang dapat ditempuh ini sekitar 600 meter. Kamu bisa sekadar berjalan-jalan dengan menikmati keindahan alam sekitar dan juga bisa digunakan sebagai tempat jogging di pagi hari untuk berolahraga. Adalah sebuah aktivitas yang menarik kamu lakukan saat menikmati perawan di hutan mangrove dan jangan lupa untuk mengabadikan spot andalan melalui ponsel kalian!

5. Danau Kastoba

Danau Kastoba di Pulau Bawean.

Photo :
  • U-Report

Ternyata Gresik juga mempunyai destinasi wisata yang menyuguhkan sebuah danau indah. Lokasinya terletak di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Untuk bisa mencapai danau ini diperlukan stamina yang fit, sebab dibutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk bisa mencapai danau ini. Apalagi rasa lelah yang akan menyerang nantinya. 

Tapi, bila sudah sampai, maka rasa lelah akan terbayarkan dengan pesona alam yang keren. Tempat wisata di Gresik ini memiliki suasana yang menenangkan, karena cukup jauh dari pusat kota maupun jalan utama. Aktivitas yang dapat dilakukan di tempat ini adalah memburu view foto yang keren sekaligus basah-basahan bermain air danau. 

6. Tanjung Gaang

Tanjung Gaang

Photo :
  • Tangkapan Layar

Objek wisata yang satu ini terbilang asri dan jarang dikunjungi oleh wisatawan, Tanjung Gaang terletak di Dusun Somor-Somor, Sangkapura, Gresik. Walaupun tidak seramai dengan tempat wisata yang lainnya, tapi pemandangan alam yang ditawarkan oleh Tanjung Gaang jangan dianggap remeh. Para pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan hamparan laut luas dan disaksikan dengan tebing indah. 

Bila kamu sudah merasa lelah dengan hiruk pikuk pekerjaan, maka datanglah ke Tanjung Gaang. Nikmati waktu tenang sejenak sambil merasakan lembutnya angin pantai yang menghempas helai rambut kamu dengan deburan ombak halus. Salah satu tempat berswafoto terbaik adalah melihat matahari terbenam. Pastikan kamu memakai alas kaki yang nyaman dan tidak licin untuk mencapai puncaknya. 

7. Wisata Alam Gosari

Wisata Alam Gosari

Photo :
  • Tangkapan Layar

Untuk kamu yang sangat mencintai fotografi, harus mampir ke tempat wisata di Gresik ini. Bukan hanya memiliki spot foto landscape atau pemandangan, tapi juga dilengkapi dengan latar belakang foto diri kamu yang keren. Dijamin foto yang dihasilkan instagramable, dan layak dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata akhir pekan. 

Destinasi wisata yang satu ini berada di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Sementara itu, untuk tiket masuk ke tempat wisata ini pun terbilang cukup murah. Kamu hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp10 ribu dan anak-anak sebesar Rp5.000 saja. 

Uniknya, Wagos ini merupakan sebuah taman bunga yang indah dan membentang luas. Sehingga sangat enak dipandang mata dan terasa sangat asri. Bukan hanya itu saja, terdapat beberapa situs kuno peninggalan bersejarah yang berada tidak jauh dari lokasi wisata. 

Jayabaya.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Jayabaya dahulu telah menakwilkan ancaman tragedi besar dalam wujud gempa bumi yang menelan banyak nyawa. Namun, akan ada pula Satria Piningit dalam ramalannya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024