3 Museum Paling Populer di Indonesia, Dijamin Bikin Nganga

Museum Batik Kuno Danar Hadi Solo.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Museum paling populer di Indonesia, rupanya bisa menjadi salah satu pilihan tujuan destinasi wisata yang bisa kamu tuju saat liburan.  Tidak hanya menawarkan benda-benda maupun koleksi-koleksi foto tentang kejadian atau peristiwa-peristiwa bersejarah di masa lalu, tapi nyatanya museum bisa menjadi salah satu objek wisata yang menarik dan menyenangkan. 

Benteng Vredeburg Yogyakarta Direvitalisasi, Bakal Ada Wisata Malam

Pasalnya, kita bisa belajar akan banyak hal dari peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di tanah air tercinta, Indonesia. Dengan begitu kita bisa mengetahui sejarah Indonesia yang pernah terjadi hingga akhirnya merdeka seperti sekarang ini.

Ilustrasi museum.

Photo :
  • U-Report
Museum MACAN Open House sampai 21 April, Bisa Jadi Ide Hangout!

Tidak kalah serunya dengan jalan-jalan ke pantai ataupun menjelajah suatu kota, dengan mengunjungi museum kita juga bisa banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang menyenangkan dari berbagai museum paling populer di Indonesia. 

Tahukah kalian jika Indonesia begitu banyak destinasi wisata museum yang menarik untuk Anda sambangi? Mulai dari museum artefak, budaya hingga karya seni semua bisa kamu temukan dan nikmati di Indonesia. Meskipun banyak museum yang bisa kita sambangi di Indonesia, ternyata hanya ada beberapa museum yang dianggap paling populer dibandingkan lainnya.  

Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda

Nah berikut ini ada lima museum paling populer di Indonesia karena sering dikunjungi dan disukai oleh wisatawan, melansir dari laman TripAdvisor ini dia beberapa di antaranya;

1. Museum Ullen Sentalu, Sleman Yogyakarta

Ilustrasi museum.

Photo :
  • U-Report

Berlokasi di Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali membuat Museum Kesenian Agung menarik dikunjungi. Museum Seni Agung Rai Bali merupakan salah satu museum seni yang layak untuk Anda sambangi ketika ke Bali.

Museum ini begitu banyak menyimpan lokasi lukisan dari berbagai pelukis ternama baik dalam negeri maupun luar negeri. Pada tanggal 9 Juni tahun 1996 Museum Kesenian Agung Rai Bali resmi diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro.

Museum ini merupakan pusat visualisasi dan seni pertunjukan yang memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati pameran permanen dan temporer karya berbagai seniman.

Museum seni ini terletak di atas tanah yang memiliki struktur naik turun. Desain kebun bernuansa budaya Bali di museum ini menjadi nilai lebih yang dapat menarik wisatawan untuk datang. Tidak hanya itu, museum seni ini memiliki gaya interior tradisional Bali dengan dominasi material lokal.

2. Museum Danar Hadi, Solo

Museum Batik Danar Hadi di Solo

Photo :
  • http://www.dansapar.com

Museum yang tak boleh ketinggalan dan masuk ke daftar list liburan kamu itu adalah Museum Danar Hadi Solo. Lokasinya berada di Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Museum Batik Danar Hadi menjadi salah satu tempat menarik dengan berbagai macam koleksi yang ada di dalamnya. Liburan di Surakarta Hadiningrat tak akan lengkap rasanya, jika tidak sejenak melipir untuk berburu batik khas Solo yang rekomended. 

Dijamin kamu akan tergoda melihat berbagai koleksi batik menarik yang ada di museum tersebut. Selain itu terdapat juga berbagai fasilitas yang siap menemani Anda ketika mengunjungi museum ini.

Beberapa di antaranya adalh, galery batik Danar Hadi, kantin, mushola, pusat oleh-oleh, danlainnya. Lokasi Museum Batik Danar Hadi sendiri berjarak kurang lebih 4 km dari alu-alun Solo. Jadi para wisatawan bisa dengan mudah ketika hendak mengunjunginya.

5. Museum Neka Art Bali

Museum Neka Art Bali

Photo :

Museum Neka Art Bali ini berlokasi di Jalan Raya Campuhan, Kedewatan, Ubud. Dibuka pada tahun 1982, bangunan museum ini memiliki arsitektur khas Bali namuan berstandar Internasional. Neka Art Bali menjadi salah satu museum yang memamerkan berbagai lukisan karya Affandi. 

Tidak hanya karya Affandi, lukisan Penari karya pelukis Bagong Kussudiardja juga dipamerkan di sana. Berbagai koleksi lukisan Neka Art Museum menjadi ciri khas maupun daya tarik wisatawan berkunjung ke sini. Banyak lukisan mampu memberikan rasa dan kesan bagi pengunjung. Memang, Suteja Neka dikenal sebagai pionir seni rupa di Bali. Alhasil, museumnya penuh dengan lukisan yang terdiri banyak aliran seni.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya