7 Sungai Terbesar dan Terpanjang di Dunia, Capai Ribuan Kilometer

salah satu bagian di sungai yangtze
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa sungai terbesar dan terpanjang di dunia yang mungkin belum kamu ketahui. Sungai sendiri adalah aliran air permukaan yang memanjang dan terus mengalir tanpa henti. Arah aliran sungai ini mengikuti sifat air, yaitu dari tempat tertinggi ke tempat rendah. Maka dari itu, sungai akan mengalir dari dataran tinggi menuju danau atau lautan. 

Hasil Final Australian Open 2024: Dibungkam Unggulan China, Ahsan/Hendra Gagal Persembahkan Juara

Sungai juga memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah batas wilayah alami yang bisa memisahkan sebuah daerah dengan daerah yang lain. Kehadiran sungai juga banyak dimanfaatkan untuk menopang berbagai kebutuhan manusia. Mulai dari pasokan air, kebutuhan tenaga listrik, hingga menjadi sumber pangan. 

Membentang melewati sebuah daerah ke daerah yang lain, aliran sungai ini bahkan bisa melintasi berbagai negara. Karena itu, beberapa sungai di dunia dikategorikan sebagai yang terbesar karena sungai ini bukan hanya terbentang ribuan kilometer, tapi debit airnya juga sangat kuat. Nah, berikut ulasan selengkapnya seperti disadur dari berbagai sumber. 

Dewan Eropa: Standar Ganda Ukraina dan Timur Tengah Tak Dapat Diterima

1. Sungai Nil

wisatawan telusuri aliran anak Sungai Nil di Kairo, Mesir

Photo :
  • Antara/ Ismar Patrizki
Tanggal Perayaan Idul Adha 2024 di Berbagai Negara

Sungai terbesar dan terpanjang di dunia yang pertama adalah sungai Nil karena mempunyai panjang mencapai 6.693 kilometer dengan saluran pembuangan sangat luar yang mencapai lebih dari 3 juta kilometer. Dikatakan yang paling besar karena panjangnya melewati 11 negara dan menjadi sumber air utama negara Mesir dan juga Sudan. Selain itu, sungai Nil juga menjadi bagian dari jejak zaman peradaban Mesir Kuno. 

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon

Photo :
  • U-Report

Mempunyai panjang total 6.400 km, sungai Amazon membentang mulai dari kawasan hutan Amazon sampai area kaki pegunungan Andes. Aliran Amazon melewati beberapa negara di Amerika Selatan, seperti Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, Peru, Guyana, dan Venezuela. Bukan menjadi sungai terbesar dan terpanjang kedua, sungai ini juga adalah sungai terbesar karena mempunyai debit air 209.103 meter kubik per detik. 

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze

Photo :
  • U-Report

Sungai terbesar dan terpanjang berikutnya adalah Yangtze yang berada di China dan sudah ada sejak zaman peradaban China Kuno dengan panjang mencapai 6.378 kilometer. Aliran sungai Yangtze ini berasal dari pegunungan Tibet di Provinsi Qinghai, yang bisa menghidupi masyarakat China. 

Peranan sungai yang satu ini bisa dikatakan sangat penting karena memiliki bendungan terbesar untuk kebutuhan pelayaran pembangkit listrik, sampai agrikultur di kawasan Asia Timur. 

4. Sungai Mississippi

Penduduk Missouri pulang ke rumah dengan menggunakan perahu sementara air banjir terus meluap dari Sungai Mississippi.-GETTY IMAGES

Photo :

Sungai Mississippi yang berada di Amerika Serikat juga menjadi salah satu sungai yang terbesar dan terpanjang di dunia, karena mempunyai panjang mencapai 3.734 kilometer. Aliran sungai yang satu ini bisa mengairi beberapa sungai lain seperti Illinois, St.Croix, Wisconsin, Minnesota, Ohio, Missouri, sampai Arkansas. Derasnya aliran air di sungai ini menjadi perhatian masyarakat untuk selalu berhati-hati dan kehadiran hewan liar seperti aligator. 

5. Sungai Yenisei Angara

Sungai Yenisei - Siberia

Photo :
  • pixabay

Sungai yang berada di Rusia ini juga termasuk ke dalam daftar sungai terbesar dan terpanjang di dunia. Sungai ini mengalir sampai ke Samudra Arktik dengan panjang mencapai 3.438 kilometer. Dikatakan sebagai sungai terbesar di dunia lantaran debit air di sungai Yenisei mengalir luar sampai ke pusat Siberia. Berdasarkan sejarah, Yenisei adalah sungai terbesar di Rusia dengan karakter air keruh dan campuran salju, air hujan, serta air tanah. 

6. Sungai

Gundukan magma yang terus meninggi di Yellowstone National Park

Photo :
  • dailygalaxy.com

Masih datang dari China, berikutnya adalah sungai Yellow karena berwarna kuning keruh sebagai ciri khasnya. Dikatakan demikian karena sungai ini memiliki banyak sedimen berwarna kuning. Mempunyai panjang mencapai 5.464 kilometer, drainase sungai ini adalah yang terbesar di China dengan luas 750 ribu km persegi. Yellow River ini juga dikenal dengan sebutan sungai Huang He oleh penduduk setempat. 

7. Sungai Irtysh

Sungai Irtysh

Photo :
  • Tangkapan Layar

Sungai terbesar berikutnya adalah berasal dari Rusia bagian selatan yang disebut dengan sungai Irtysh karena mempunyai panjang 4.248 kilometer. Disebut sungai terbesar dan terpanjang di dunia, karena aliran sungai ini bermuara di China, Kazakhstan, dan Rusia dengan sumber mata air terbersih. Sungai ini juga termasuk anak sungai Ob yang masih terbesar di Rusia. Bahkan, mempunyai akses ke Samudra Arktik sebagai sumber dari spesies ikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya