Merinding, Ini 5 Tempat Angker Jakarta yang Diangkat jadi Film

Terowongan Casablanca Jebol
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA Travel –  Tempat angker Jakarta pasti tak lepas digambarkan dalam film- film Indonesia. Kadang-kadang, tempat angker yang digambarkan dalam film tersebut merupakan tempat nyata atau asli memang ada di dunia nyata.

Demi Dalami Peran, Shareefa Daanish Rela Dimake Up Selama Berjam-jam

Bahkan, dewasa ini semakin banyak film yang diangkat dari kisah-kisah yang diperbincangkan di masyarakat. Mengangkat sebuah kisah nyata ke dalam sebuah film tentunya akan menghadirkan pengalaman tersendiri. Dari sekian banyak latar ceritanya, Jakarta menjadi pilihan utama untuk sumber kisah-kisah yang angker.

Ibukota ternyata menyimpan banyak kisah seram dari lokasi-lokasi angker. Cerita yang berkembang dari lokasi itu langsung diangkat dalam film dengan penambahan sedikit dramatisasi.

Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini

Nah, tempat Angker Jakarta apa saja yang diangkat menjadi film, Simak ulasan Viva yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Terowongan Casablanca

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Terowongan Casablanca, Jakarta.

Photo :
  • U-Report

Terowongan Casablanca ini adalah penghubung Jalan Casablanca dan Jalan Prof Dr Satrio. Tentu Anda bisa mengunjungi ini jika Anda melintasi daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

Terowongan ini ternyata menyimpan cerita mistis tersendiri. Seringnya dianggap angker oleh masyarakat setempat, casablanca kerap menjadi tempat munculnya makhluk gaib, berupa kuntilanak, nenek tua, sosok hitam besar, bahkan ada cerita yang menceritakan bahwa hantu yang gentayangan di situ menjelma sebagai penambal ban.

Berawal dari cerita-cerita seram tersebut, ini menjadiow setting cerita sebuah film berjudul ‘Terowongan Casablanca’. Hantu yang dimunculkan dalam film buatan tahun 2007 ini adalah kuntilanak. Kisah di dalamnya dihidupkan oleh Asha Syara, Ray Sahetapy, dan Titi Qadarsih.

2. Taman Langsat Mayestik

Film Taman Langsat

Photo :
  • dokumen pribadi

Taman Langsat adalah sebuah fasilitas olahraga di belakang pasar burung Barito yang dipenuhi oleh aktivitas warga saat pagi sampai sore. keberadaan banyak pohon yang memayungi warga dari teriknya matahari adalah salah satu faktor yang membuat tempat-tempat ini ramai dikunjungi.

Namun saat malam tiba, seketika tempat ini menjadi. Minimnya penerangan membuat pohon-pohon rindang di tempat itu jadi lebih menakutkan. Lebih parah lagi, ada banyak saksi mata melihat kuntilanak bergelayut di pepohonan.

Cerita dari satpam dan penjaga kedai minuman di situ membuat Sutradara Eka Katili mencoba memvisualisasikan kisah tersebut dalam sebuah film berjudul ‘Taman Langsat Mayestik’.

Film ini dibintangi Metta Permadi, Ki Joko Bodo dan Fauzi Imam. Selain sebagai pemain dalam film bergenre horor ini, Ki Joko Bodo juga diminta untuk mengawasi gangguan-gangguan makhluk harus selama proses syuting.

3. Rumah Kentang

Gala Premiere Rumah Kentang Bersama VIVAlog dan VIVAlife

Photo :

Rumah Kentang ini dianggap sangat angker oleh penduduk sekitar. Sebab sering kali tercium aroma kentang rebus yang kuat. terdengar juga suara tangisan anak kecil dari dalam rumah. Itulah mengapa rumah tersebut dijuluki rumah kentang.

Sekilas, rumah yang beralamat di Jln. Dharmawangsa 9, Jakarta Selatan ini tampak biasa tanpa menghadirkan suasana yang seram. Namun cerita dari masyarakat setempat yang membuat Rumah Kentang menjadi seram.

Konon, di rumah ini ada seorang anak kecil yang terjatuh ke dalam kuali yang sedang digunakan untuk merebus kentang. Arwah tak tenang dari anak kecil tersebut lah yang menyebarkan bau kentang.

Dengan kisah yang demikian tentunya Rumah Kentang layak disebut sebagai salah satu tempat Angker di Jakarta. Tahun 2012 lalu, Rumah Kentang diangkat sebagai judul film horor yang disutradarai oleh Jose Purnomo. Film ini dibintangi oleh Shandy Aulia, Tasya Kamila dan Gilang Dirgahari.

4. Mall Klender

Ilustrasi Mall Klender diangkat jadi film horor.

Photo :
  • U-Report

Sebuah mal bernama Mall Klender di Jakarta menjadi saksi bisu pengurangan penjarahan dan pembakaran bisa terjadi begitu dahsyat. Peristiwa yang terjadi tahun 1998 di sebuah mal ini bahkan menelan ratusan korban jiwa. Meski kini mall dan pertokoan tersebut telah dibangun kembali, sejarah kelam yang pernah terjadi di mall tersebut tak akan terlupakan.

Sejumlah warga Jakarta mengaku pernah mengalami kejadian aneh dan seram saat berada di lokasi Mall Klender. Kejadian aneh seperti penumpang angkot yang terlihat di wajah hangus saat dilirik lewat kaca mobil, sosok yang tiba-tiba menemanimu jika kamu menggunakan telepon umum di tengah malam, atau teriakan dari dalam mall menjadi bibir di kalangan masyarakat

Akhirnya, cerita tersebut dijadikan sebuah film oleh Sutradara Danny Poernomo dengan judul ‘Mall Klender’. Film ini dibintangi oleh Shandy Aulia, Tasya Kamila, Igor Saykoji, dan Denny Sumargo. Pemerannya hampir sama dengan pemeran film 'Rumah Kentang' karena masih dalam satu studio.

5. Rel Kereta Bintaro

kecelakaan kereta api di Bintaro

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Rel yang terletak di kawasan stasiun Sudimara, Bintaro, Jakarta Selatan ini memiliki cerita yang tragis. Pada tanggal 17 Oktober 1987 silam pernah terjadi kecelakaan maut yang mengatur ratusan orang dalam kecelakaan kereta.

Tempat kecelakaan tersebut kemudian seolah menjadi kawasan angker. Hampir setiap tahun selalu ada laporan kejadian mistis di lokasi tersebut. Beberapa penampakan yang sering terjadi adalah kepala yang menggelinding, teriakan tanpa diketahui sosoknya, sampai sosok compang-camping yang berjalan ditutuprel.

Akhirnya, tempat ini diangkat dalam sebuah film berjudul ‘Dendam Arwah Rel Bintaro’ yang dibintangi oleh Adjie Pangestu, Bella Shofie, dan Yeyen Lidya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya