Wisata Alam Kebun Teh Tambi Wonosobo, Udara Sejuk dan Bisa Lihat 4 Gunung

Kebun Teh Tambi
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

Wonosobo – Wonosobo, Jawa Tengah memiliki segudang wisata alam yang mengagumkan. Salah satunya yaitu Kebun Teh Tambi.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Kebun Teh Tambi menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Berikut kami sajikan informasi selengkapnya terkait harga tiket, lokasi, dan daya tarik berwisata ke Kebun Teh Tambi. Scroll ke bawah.

Daya Tarik

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Kebun Teh Tambi

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Kebun Teh Tambi memiliki udara yang menyejukkan. Perkebunan Kebun Teh Tambi ini terletak di ketinggian antara 800 – 2000 meter di atas permukaan laut.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Saat VIVA berkunjung kesana, berkesempatan bertemu dan berbincang dengan pengelola Wisata Alam Patean Tambi yakni Hotim (39). Dia mengatakan, luas kebun teh di Desa Tambi ini sekitar 64 hektare.

Gunung yang bisa dilihat wisatawan saat berkunjung ke kebun teh ini diantaranya Gunung Sikunir, Gunung Sindoro, Gunung Steleret, dan Gunung Prahu.

VIVA berkunjung pada Jumat, 27 Oktober 2023. Meski di hari biasa, pengunjung juga lumayan ramai. Hotim mengatakan bahwa wisatawan yang berkunjung saat weekend ada sekitar seribu. Sementara di hari biasa sekitar 200 pengunjung.

Selain bisa berfoto dengan latar belakang kebun teh atau gunung-gunung lainnya, wisatawan juga bisa ngopi di area perkebunan. Sebab ada satu kafe yang berada di dalam area. Minum kopi sambil bersantai bersama teman memang sangat cocok.

Dikutip dari situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, pengunjung juga dapat ditemani pemandu wisata untuk menjelaskan proses produksi teh sejak mulai dari dipetik hingga siap dikemas. Selain berkeliling di perkebunan, tersedia juga beberapa pilihan paket tour. Ada paket tour yang dilengkapi dengan permainan outbond sekitar wilayah perkebunan.

Wisata ini juga menyediakan sewa jasa foto ataupun video. Tidak mahal kok, per foto hanya dikenakan biaya Rp3 ribu.

Fasilitas

Kebun Teh Tambi

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Kebun teh Tambi memiliki fasilitas yang cukup memadai. Ada toilet, gazebo, mushola, kantin, dan parkir. Tenang, harga jajannya tidak dipatok mahal kok.

Oleh-oleh khas Wonosobo

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Kalau berkunjung ke Wonosobo, jangan lupa untuk beli oleh-oleh khasnya yaitu ada Carica dan Teh Tambi pastinya. 

Harga Carica hanya Rp15 ribu dan untuk teh sekitar Rp10-Rp20 ribu. Teh andalannya yaitu teh hitam.

HTM dan Parkir

Untuk biaya masuk hanya Rp10 ribu. Harga tersebut berlaku di hari biasa dan hari libur. Wisatawan yang dikenakan biaya yaitu siswa SMP keatas. Untuk biaya parkir motor yakni Rp2 ribu, mobil Rp5 ribu, dan bus besar Rp15 ribu.

Lokasi

Lokasi Kebun Teh Tambi ini terletak di Desa Tambi, kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Jarak dari pusat kota Wonosobo ke lokasi Kebun Teh Tambi kurang lebih 18km, sedangkan jarak dari Dieng ke lokasi Kebun Teh Tambi yakni kurang lebih sekitar 16km.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke kebun teh ini yaitu pada saat musim kemarau, yaitu sekitar bulan Mei-Oktober.

Itulah informasi terkait wisata kebun teh Tambi yang ada di Wonosobo. Pastikan untuk mematuhi aturan dan juga menjaga kebersihan ya. Selamat berlibur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya