Wisata Alam Kawah Sikidang, Harga dan Lokasi

Kawah Sikidang
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

Wonosobo – Kawah Sikidang Dieng merupakan salah satu spot yang menjadi tujuan utama wisatawan jika berwisata ke kawasan dataran tinggi Dieng. Kawah Sikidang ini terbentuk dari letusan gunung berapi pada jaman dahulu. 

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Menariknya, Kawah Sikidang ini masih aktif sampai sekarang, namun masuk dalam kategori aman untuk dikunjungi karena kadar belerang yang rendah. 

Dengan keunikan ini lah yang menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung dan melepas penat dengan menikmati keindahan alam Kawah Sikidang Dieng.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Asal usul nama Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan
Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Kawah Sikidang merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang berada dikawasan dataran tinggi dieng Kabupaten Banjarnegara. Disini para wisatawan dapat melihat aktivitas kawah vulkanik secara dekat, dengan lubang kepundan yang dapat disaksikan dari bibir kawah.

Uap air dan lava berwarna kelabu selalu bergemulak muncul berpindah-pindah bahkan melompat seperti seekor kidang. Karena letak kawah induk yang berpindah-pindah itu, kawah ini dikenal dengan nama Kawah Sikidang. Kawah utama yang bergerak diibaratkan dengan sifat rusa (kidang) yang suka melompat-lompat.

Ketika kamu masuk ke area Kawah, untuk keluarnya kamu akan dituntun menuju sebuah pusat oleh-oleh. Terdapat beragam oleh-oleh yang bisa kamu beli. Seperti kentang, baju bertuliskan dieng, hingga jajanan khas Dieng yakni Carica.

Jam buka dan HTM

Kawah Sikidang

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

VIVA berkesempatan berkunjung ke Kawah Sikidang pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Terdapat dua pintu masuk, yakni pintu utama dan pintu kedua. 

Harga tiket masuknya yaitu Rp20 ribu rupiah saja. Dengan membayar tiket sebesar Rp20 ribu, kamu bisa masuk di kawasan ini dan juga kompleks Candi Arjuna. Begitu juga sebaliknya jika kamu berkunjung lebih awal ke Komplek Candi Arjuna, maka ketika ke Kawah Sikidang tinggal memperlihatkan tiket masuknya saja. Untuk biaya parkir motor yakni Rp3 ribu, mobil Rp5 ribu, dan bus Rp10 ribu. 

Jika kamu berkunjung ke Kawah Sikidang ataupun Kompleks Candi Arjuna, pastikan kamu masuk dan keluar di pintu yang sama.

Selain menikmati indahnya kawah, kamu juga bisa naik Jeep. Harga sewanya sekitar Rp300 ribu dengan maksimal 6 penumpang.

Untuk jam operasionalnya, wisata ini mulai buka pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB. Pastikan ketika kamu membeli tiket, mendapatkan bukti tiket masuk yang resmi ya.

Kawah Sikidang

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Lokasi Kawah Sikidang ini berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari bukit Sikunir. Dari bukit Sikunir tinggal turun ke bawah sekitar 5 km.

Itulah informasi terkait tempat wisata Kawah Sikidang. Pastikan setiap pembelian tiket, kamu mendapatkan bukti tiketnya secara resmi. Selamat berlibur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya