Gak Boleh Foto dan Video di BTS Exhibition: Proof In Jakarta, Ini Alasannya

BTS Exhibition: Proof in Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

JAKARTA – ARMY (fans BTS) Indonesia kini bisa melihat berbagai koleksi dari boy grup ternama Korea Selatan BTS lewat pameran berjudul 'BTS Exhibition: Proof in Jakarta'. Tentunya, sudah banyak penggemar yang menantikan kehadiran BTS di Indonesia. Mengingat sudah cukup lama RM dan kawan-kawan tidak menggelar konser di Jakarta.

Terpopuler: Polisi Gerebek Pameran Otomotif, Pesan Mobil Sport Listrik Rp1,1 Miliar

Berdasarkan informasi dari iMe Indonesia, BTS Exhibition: Proof in Jakarta sudah dibuka sejak 17 November lalu di City Hall, Pondok Indah Mall 3, lantai 5. Pameran tersebut akan digelar sampai 10 Desember 2023 mulai dari pukul 10.30 AM – 20.30 PM.

BTS Exhibition: Proof in Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar
BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional Lewat Pameran IEMS 2024, Catat Tanggalnya

Pameran seni ini digelar dalam rangka merayakan hari jadi BTS yang ke-10 tahun. Pameran ini juga sudah direncanakan sejak lama namun terus tertunda akibat pandemi COVID-19 yang melanda beberapa negara di dunia. BTS exhibition ini diselenggarakan di sejumlah negara termasuk Korea Selatan, Amerika Serikat, Thailand, Taiwan, Hongkong, dan Indonesia.

"Dikonsepin udah dari lama, tapi kepotong pandemi. Big Hit buat konsepnya meng-hire vendor exhibition bernama Project K, yang bangun ini di semua negara," ungkap Andina Sabri, Project Eksekutif BTS Eexhibition: Proof in Jakarta, saat ditemui di Mall Pondok Indah, Jakarta, Kamis 24 November 2023.

Pameran Otomotif Berubah Jadi Tragedi, 5 Orang Ditabrak Mobil Listrik

Pameran ini diadakan cukup tertutup karena pengunjung yang datang dilarang mengambil gambar maupun merekam video. Rupanya, alasan utama mengapa kebijakan tersebut dibuat karena pihak agensi tidak mau ada bocoran kepada orang-orang yang tidak mengunjungi pameran secara langsung.

Mengingat acara ini diselenggarakan di beberapa negara, foto-foto maupun barang-barang yang dipamerkan di setiap negara pun sama. Oleh sebab itu, para penggemar akan dibuat lebih penasaran dan tertarik untuk datang.

"Barang-barangnya sama di semua negara. Makanya ngga boleh ada foto dan video di area-area tadi. Takutnya kalau sudah tersebar nanti ngga mau datang," ujar Andina Sabri.

Selain itu, ada aturan tentang copyright yang dikhawatirkan bisa diperbanyak oleh para pengunjung lalu diperjual-belikan. Sebagai bocoran, dalam pameran ini ada banyak sekali foto-foto, properti dari video musik, hingga pesan dari anggota BTS yang ditulis tangan secara langsung, yang mana semua itu merupakan hak cipta dari pihak perusahaan. Namun tak perlu khawatir, setidaknya ada 5 spot foto yang diizinkan untuk mengambil gambar saja tanpa merekam.

BTS Exhibition: Proof in Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

"Pure semua impor dari Korea. Barangnya yang asli benar-benar harus dikembalikan seperti kostum 7 orang itu dan foto polaroid, itu harus dikembalikan karena properti dari Big Hit. Sisanya diprint dari sana dan dikirim ke Indonesia," jelasnya.

Beberapa instalasi dan foto-foto bahkan tidak boleh disentuh untuk menghindari kerusakan. Nantinya, barang-barang yang tidak wajib dikembalikan ke Korea akan dihancurkan sesuai dengan aturan dalam keterangan bea cukai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya