Kawasan Wisata yang Diprediksi Padat pada Libur Tahun Baru

Ilustrasi kemacetan di Puncak Bogor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Kawasan wisata di beberapa lokasi diprediksi bakal padat pengunjung menjelang libur tahun baru. Hal ini diungkapkan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, usai meninjau beberapa lokasi wisata di daerah selatan pulau Jawa.

7 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Gak Nyesel

"Saya tadi melihat arus lalu lintas di Ciwidey. Sampai saat ini kondusif karena ancaman kepadatan di daerah itu biasanya pada saat tahun baru," kata Royke di pos polisi Cikopo, Polres Purwakarta, Jumat, 22 Desember 2017.

Dia juga melihat arus lalu lintas di jalur Nagrek. Dari pantauannya, kondisi arus lalu lintas di sana terpantau masih cukup kondusif.

COVID-19 Meningkat, Tempat Wisata di Kota Tangerang Diawasi

Ia memerintahkan kepada jajaran Polda Jawa Barat dan Polres Garut untuk melakukan tindakan guna mengurai kepadatan. Salah satu cara adalah dengan memberlakukan sistem satu arah atau one way ke tempat wisata-wisata. "Intinya akan dilakukan one way traffic apabila ada kepadatan 3-5 kilometer," katanya.

Menurut Royke,  jalur Puncak akan menjadi perhatian pihak kepolisian. Dari pantauannya, kepadatan jalur Puncak terjadi di Ciawi dan Gadog. "Tadi saya lewat pantauan udara boleh dikata sepi kecuali di Ciawi dan Gadog ada antrean satu kilometer," ujarnya.

10 Tempat Wisata di Turki yang Ikonik dan Tengah Viral, Ada Cappadocia

Ia memprediksi, kota Bandung dan tempat wisata di Jakarta juga mengalami kepadatan saat libur tahun baru. "Tempat lain Bandung alun-alun malam tahun baru," ujarnya. 

Sementara di Jakarta, Sudirman, Thamrin, Monas dan Ancol diperkirakan padat pengunjung. "Tapi mudah-mudahan di berlakukan Car Free Night bisa mengurangi, begitu juga Bandung bisa mengurangi," katanya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya