4 Fakta Kecanggihan Kh-31, Rudal Rusia yang Dapat Menghancurkan Sarana Bebasis Eletronik

Kh-31
Sumber :
  • Airspace Row

VIVA  – Jet tempur terbaik Rusia saat ini merupakan jenis Sukhoi Su-35 yang akhirnya dikerahkan ke medan perang demi merebut keunggulan udara Ukraina. Tak main-main, Rusia membekali Su-35 mereka dengan senjata canggih seperti rudal antiradiasi Kh-31P.

Intip Kecangihan Jet Tempur Sukhoi SU 35 Rusia yang akan Dikirimkan ke Iran

Kementerian Pertahanan Rusia merilis secara visual aksi Su-35 mereka di langit Ukraina pada 7 Maret 2022 lalu.

VIVA Militer: Pesawat Jet Tempur Sukhoi SU-35

Photo :
  • Defense Studies
Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Dilansir VIVA Militer dari Eurasian Times, sepasang jet tempur Su-35S terlihat berangkat untuk patroli udara tempur, salah satunya dilengkapi dengan dua senjata Kh-31P serta rudal udara-ke-udara R-77 dan R-73.

Kemudian, rekaman tersebut menunjukkan Su-35S terbang kembali ke pangkalan dengan hanya menyisakan satu rudal Kh-31P yang terpasang padanya. Berikut VIVA Militer berikan informasi mengenai rudal Kh-31P yang dilansir dari berbagai sumber:

Yordania Izinkan Israel-AS Gunakan Wilayah Udaranya untuk Tangkis Serangan Iran

Kh-31P adalah rudal anti-radiasi supersonik jarak menengah yang menggunakan scramjet dengan booster built-in untuk mencapai kecepatan supersonik tinggi. Hal ini yang menjadi perbincangan bahwa rudal tipe ini sebagai perusak yang masif.

Rudal ini juga anti-radiasi dengan kecepatan supersonik jarak menengah yang menggunakan scramjet, dengan booster built-in untuk mencapai kecepatan supersonik tinggi. Hal ini yang menjadi perbincangan bahwa rudal tipe ini sebagai perusak yang masif.

Didesain Melawan Rudal Musuh

{{photo_id:1462625}

Rudal Kh-31P merupakan senjata yang didesain untuk melaksanakan misi Suppression of Enemy Air Defense (SEAD) untuk melawan pertahanan udara musuh.didesain untuk melaksanakan misi Suppression of Enemy Air Defense (SEAD) untuk melawan pertahanan udara musuh.

SEAD adalah tindakan militer untuk menekan pertahanan udara musuh, untuk membuka jalan bagi pesawat yang lebih rentan termasuk persenjataan untuk terbang ke wilayah musuh.

Menghancurkan Fasilitas Radar

VIVA Militer: Jet tempur Sukhoi Su-35 Rusia tembakkan rudal

Photo :
  • aerotime.aero

Dalam peperangan modern, serangan awal biasanya ditujukan untuk menghancurkan fasilitas radar dan sarana berbasis elektronik. Oleh karena itu, dibutuhkan senjata khusus untuk bisa mengeliminasi musuh "mata dan telinga" di jam-jam pertama pertempuran.

Sebab hal itu tidak mudah dilakukan, mengingat radar sebagai instrumen strategis akan dilengkapi perlindungan berlapis, mulai dari rudal penangkis hingga jammer pelindung serangan.

Di sinilah dibutuhkan rudal anti-radar atau yang biasa dikenal dengan rudal antiradiasi, rudal penangkis hingga jammer pelindung serangan. Di sinilah dibutuhkan rudal anti-radar atau yang biasa dikenal dengan rudal antiradiasi.

Mematikan Penjejak Kerja Rudal

Kh-31

Photo :
  • indomiliter

Rudal KH31 milik Rusia dirancang memiliki kecepatan sangat tinggi, mampu terbang jauh, anti radar dan bisa mematikan penjejaknya saat diserang.

Kecepatan tinggi rudal ini berguna untuk mengurangi resiko tertembak, karena dia harus menciptakan sistem pertahanan musuh untuk menghancurkan radar penjejak dan pengendali radar tembakan.

Lantaran ditugaskan menghancurkan stasiun radar lawan, Kh-31P didesain menggunakan pemandu radar pasif untuk sistem anti radiasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya