Inilah 3 Pelontar Mortir TNI Buatan Bandung

VIVA Militer: Prajurit TNI Sedang Memasukan Mortir
Sumber :
  • Website Militer.com

VIVA – Guna mendukung pertahanan TNI Angakatan Darat dalam menghadapi musuh, PT Pindad juga memproduksi pelontar mortir yang menggunakan dua jenis kaliber yang berbeda.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Tak tanggung-tangguang ada tiga jenis sekaligus pelontar mortir yang diciptakan perusahaan yang berdiri di Bandung itu untuk mendukung persenjataan TNI.

Berikut jenis-jenisnya:

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang
  1. Mo-1 Kal. 60 mm CO

VIVA Militer: Pelontar Mortir Mo-1 Kal. 60 mm CO

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Pelontar mortir Mo-1 dapat menggunakan segala tipe munisi mortir dengan ukuran kaliber 60 mm commando. Dengan berat 6 kilogram, Mo-1 memiliki mobilitas yang tinggi dan dapat dipindahkan dengan sangat mudah.

Sistem penembakan pada Mo-1 dilakukan secara satu per satu dengan jarak tembak mencapai 800 meter.

  1. Mo-2 Kal. 60 mm LR

VIVA Militer: Pelontar Mortir Mo-2 Kal. 60 mm LR

Pelontar mortir Mo-2 masih menggunakan kaliber 60 mm sebagai amunisi utamanya. Selain itu pelontar mortir varian ini sudah menggunakan amunisi mortir kaliber 60 mm long range atau jarak jauh.

Mo-2 juga dilengkapi dengan bipod untuk menopang pelontar dalam pengoperasiannya. Sistem penembakan Mo-2 juga masih dilakukan secara satu per satu. Namun untuk jarak penembakan sudah mengalami perkembangan, sehingga jarak tembak varian Mo-2 mencapai 4 kilometer.

  1. Mo-3 Kal. 81 mm

VIVA Militer: Pelontar Mortir Mo-3 Kal. 81 mm

Pelontar mortir Mo-3 menggunakan jenis kaliber yang berbeda yaitu sebesar 81 mm. Mo-3 juga dilengkapi dengan bipod untuk menopang pelontar agar memudahkan pengoperasiannya. 

Sistem penembakan juga masih dilakukan secara satu per satu. Tapi untuk varian Mo-3 yang sudah semakin baik ini memiliki jarak tembak hingga 6,5 kilometer.

Baca: Hadang Tank Israel, Prajurit TNI Dapat Hadiah dari Amerika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya