Siap-siap, Besok Akan Ada Parade Pasukan dan Alutsista TNI Besar-besaran di Monas

VIVA Militer: Ranpur Marinir akan melakukan parade di HUT TNI Ke-78 di Monas
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menggelar parade pasukan dan alutsista secara besar-besaran di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat pada hari Kamis, 5 Oktober 2023 besok.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Parade pasukan dan alutsista besar-besaran dalam rangka puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78 tahun itu akan melibatkan setidaknya 4.630 prajurit TNI dan 130 alutsista dari tiga matra. Mereka akan terlibat dalam Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI. Peringatan HUT Ke-78 TNI mengangkat tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.

Terkait dengan akan digelarnya acara tersebut, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal (Letjen) TNI Bambang Ismawan mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di Jakarta untuk menyaksikan puncak peringatan HUT Ke-78 TNI secara langsung di Lapangan Monas besok.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Dia juga meminta kepada masyarakat turut mendo'aka agar rangkaian kegiatan besok lancar dan sukses.

"Jaga kesehatan, besok 5 Oktober, supaya kita berdoa sukses. Kita saksikan bersama-sama, ajak masyarakat yang mau menyaksikan," kata Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan usai memimpin Upacara dan do'a bersama di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, 4 Oktober 2023. 

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

"Karena besok pada 5 Oktober itu akan kita tunjukkan berbagai atraksi alutsista yang kita miliki. Jadi silakan besok hadir dan sama-sama menyaksikan dan mendoakan supaya acaranya berjalan dengan lancar dan sukses," tambahnya.

Rencananya acara Parade Alutsista dan Pasukan Defile TNI tiga matra itu bakal dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, serta seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sebelumnya, Asisten Personalia (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda (Marsda) TNI Arif Widianto selaku ketua panitia puncak HUT Ke-78 TNI mengatakan, pihaknya akan menampilkan sejumlah demonstrasi atau parade pasukan dan alutsista TNI, di antaranya fly pass pesawat tempur, helikopter, dan terjun payung 78 personel.

"Ini pertama terjun payung, yang terdiri dari 78 personel, yang melambangkan bahwa hari ulang tahun ke-78 TNI, terdiri dari TNI dan Polri," kata Aspers Panglima TNI Marsda TNI Arif Widianto dalam keterangan resmi Puspen TNI yang diterima VIVA Militer, Rabu, 4 Oktober 2023.

VIVA Militer: Rudal Yakhont TNI AL akan dipamerkan di HUT ke-78 TNI di Monas

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Selain itu, rencananya juga akan ada penampilan akrobatik pesawat tempur yang melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara serta kepolisian.

"Tentunya kita ingin memberikan suatu pesan kepada masyarakat apa yang telah diberikan masyarakat kepada TNI yang mana 2 tahun sebelumnya peringatan HUT terkendala karena adanya COVID-19," kata Arif.

Adapun rencana atraksi udara terdiri dari, flypast Giant Flight yang terdiri atas helikopter yang membawa bendera raksasa. Kemudian dilanjutkan dengan flypast gabungan dari darat, laut, udara dari berbagai tipe pesawat yang dimiliki oleh TNI tiga matra. Lalu akan dilanjutkan dengan atraksi Jupiter Aerobatic Team (JAT), dan Pegasus Team yang melaksanakan demo bersamaan dengan (aksi) teatrikal yang ada di bawahnya.

Dalam atraksi udara itu, Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU yang menerbangkan pesawat latih KT-1B Wongbee bermanuver di udara mengelilingi Monas bersama Tim Dynamic Pegasus TNI AU, yang menerbangkan helikopter Colibri.

Dalam atraksi udara nanti TNI AU juga akan menampilkan tiga unit pesawat angkut militer terbaru, yaitu C-130 J Hercules.

Kemudian, rangkaian peringatan HUT Ke-78 TNI juga menampilkan Kolose Senapan, yaitu atraksi menggunakan senapan laras panjang dari 678 prajurit.

Dan dilanjutkan dengan parade lebih dari 100 alutsista TNI mulai dari rudal-rudal dan sistem senjata, pesawat nirawak (drone), kendaraan tempur (ranpur), kendaraan taktis (rantis), motor listrik, tank amphibi Marinir, Tank Leopard, Panser Anoa, termasuk Sea Rider Kopaska TNI AL. 

Kemudian berbagai jenis rudal penghancur TNI, seperti Torpedo MK-46 anti-kapal selam, Torpedo MK-44, bom laut, Rudal Exocet MM38 anti-kapal permukaan, Torpedo Steamgas dan Torpedo SUT, Rudal Yakhont, Rudal Exocet MM40 B3, Rudal VL MICA, Rudal C-802, Rudal C-705, Torpedo Blackshark, Torpedo A244S, Rudal P-15 Termit, Rudal Mistral, Rudal AL-1M, Rudal Seacat.

Atraksi selanjutnya yaitu Defile Pasukan TNI, yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Edwin. Pasukan yang dikerahkan saat Defile, yaitu satu batalyon drum band gabungan dari akademi TNI, kelompok panji-panji, satu brigade gabungan (satu batalyon polisi militer, satu batalyon prajurit wanita TNI, dan satu batalyon taruna akademi TNI), satu brigade prajurit TNI, satu brigade prajurit TNI AD, satu brigade prajurit TNI AL, satu brigade prajurit TNI AU, satu batalyon gabungan komponen cadangan dan komponen pendukung, dan satu kompi pasukan teatrikal. 

Aspers Panglima TNI menambahkan, selain akan melakukan parade di sekitar Monas, alutsista TNI tiga matra akan melakukan konvoi dari Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia atau Jalan MH. Thamrin. Rangkaian upacara HUT Ke-78 TNI itu dijadwalkan berlangsung sejak pukul 06.30 WIB dan disiarkan langsung di stasiun TV nasional serta kanal YouTube resmi TNI. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya