Jangan Pakai Kacamata Asal Hitam Saat Berkendara Sepeda Motor

kacamata
Sumber :

VIVA – Tak sedikit pengendara motor yang berkendara pada siang hari, dengan menggunakan kacamata hitam. Selain bisa tetap tampil stylish, kacamata juga praktis saat digunakan.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Tapi jangan sembarangan pilih kacamata untuk berkendara sepeda motor, jangan asal lensanya hitam terus dibeli dan dipakai. Seperti dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, ada beberapa catatan khusus yang harus diperhatikan seperti, kacamata dengan fitur perlindungan UV 

Kacamata ini berfungsi untuk meminimalkan pancaran sinar ultraviolet (UV) yang menyerang mata. Selain itu, dengan fitur UV protection, pengguna akan merasa nyaman karena pandangan lebih teduh.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Selain itu, ada banyak jenis lensa yang bisa dipilih. Namun untuk berkendara, sebaiknya pilih kacamata hitam dengan lensa berbahan polarized. Bahan ini berfungsi sebagai photo chromatic atau mampu menyerap sinar matahari hingga 98 persen, dan mampu menyesuaikan dengan sinar UV.

Dengan kata lain, saat berada di dalam ruangan, lensa kacamata akan berubah jadi terang sehingga pandangan bisa lebih luas, dan saat berada di luar ruangan, secara otomatis lensa akan berubah jadi gelap sehingga sinar matahari tidak akan membuat silau.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Kacamata untuk berkendara kebanyakan digunakan di luar ruangan, dan berisiko terpapar debu. Untuk memaksimalkan fungsinya, sebaiknya pilih jenis lensa yang punya daya scratch resistant atau antigores. 

Harganya memang sedikit mahal, tapi kualitas yang diberikan bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas saat berkendara. Selain fokus kepada lensa, harus memilih kacamata dengan frame yang nyaman dan didesain untuk mengikuti kontur wajah.

Pastikan juga memilih frame yang tidak terlalu berat, tapi kuat. Selain itu, pastikan juga gagang frame-nya lentur dan tidak menghalangi saat menggunakan helm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya