Desain Sirkuit Formula E Nantinya Bisa Buat Beragam Balapan

Pekerja konstruksi meratakan aspal Sirkuit internasional Formula E Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Abdu Faisal

VIVA – Sirkuit yang menjadi tempat ajang digelarnya Formula E yang berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara terus dikebut proses pengerjaannya.

Ketika Legenda MotoGP Jorge Lorenzo Tunggangi Motor Listrik di Sirkuit Formula E

Dikutip VIVA Otomotif dari Antara, Senin 7 Maret 2022, sirkuit yang nantinya akan diberi nama Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), dibikin permanen sehingga bisa digunakan untuk beragam ajang balapan.

Baik balapan tingkat nasional maupun internasional, setelah penyelenggaraan balap mobil Formula E pada 4 Juni 2022.

Setahun Nganggur, Jakpro Pastikan Sirkuit Formula E Ancol Tetap Sesuai Standar Balap Internasional

"Jadi DNA-nya adalah street circuit, namun dibuat permanen pula," jelas Irawan Sucahyono, desainer Sirkuit Formula E Jakarta.

Lokasi Lahan Sirkuit Formula E Ancol

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Soal Bambu di Sirkuit Formula E, Wagub DKI Minta Masyarakat Membaca

Sehingga sebagai sirkuit jalan raya atau street race, JIEC memiliki ketahanan trek yang menjadi fokus perhatian kontraktor.

Lebih lanjut Irawan Sucahyono menjelaskan bahwa, jika seluruh pengerjaan sirkuit mobil listrik ini sesuai standar Formule E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (Fédération Internationale de l'Automobile/FIA).

Sehingga nantinya, sirkuit Formula E Ancol juga bisa digunakan sebagai lokasi balapan mobil lainnya.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang mewadahi para peminat otomotif di Indonesia telah memiliki agenda kejuaraan nasional balap mobil lainnya yang bisa digelar di JIEC Ancol.

"Event IMI ini juga banyak sekali, padat. Dan di Jakarta tidak ada sirkuit, maka sirkuit ini akan menjadi kontribusi bagi kami," tandas Irawan Sucahyono.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Muhammad Taufik mempercayakan kualitas sirkuit Formula E Jakarta kepada para insinyur Indonesia di PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama.

"Pekerjanya adalah mereka yang sudah ahli. Membuat jalan tol saja bisa, mengerjakan sirkuit juga demikian," tukasnya.

Namun ia mengingatkan para insinyur tidak boleh keluar dari pakem, atau ketentuan dari badan otoritas yang mengawasi pekerjaan ini sebelum dilakukan homologasi, dan pemberian persetujuan atau konfirmasi dari badan otoritas balap Formula E di April mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya