Bisa Pangling, Nanti Sirkuit Sentul Punya Beragam Fasilitas Ini

Konsep Sirkuit Sentul untuk MotoGP 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Permana

VIVA – Sirkuit Sentul rencananya akan berbenah, agar sirkuit yang pernah menjadi tuan rumah MotoGP tahun 1997 tersebut bisa kembali digunakan untuk balapan internasional bergengsi.

Dua Tempat di Sentul City Ini, Hadirkan Bukber Tak Biasa

Rencana pengembangan Sirkuit Sentul telah dibahas oleh Tinton Soeprapto pengelola Sirkuit Sentul, dan Bambang Soesatyo Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia. 

Konon, tim saat ini sedang merumuskan total anggaran biaya yang dibutuhkan, untuk kemudian dibawa dalam rapat bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Habib Rizieq Menikah Lagi karena Diminta Ketujuh Anaknya

"Bersama IMI Pusat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengundang para pelaku usaha otomotif dan lainnya yang memiliki pabrik dan kantor di Jawa Barat untuk menghadiri gala dinner fundraising 'Race In A Lifetime'," ujar Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 18 Mei 2022.

Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Biropers-Kris
Penampakan Habib Rizieq Shihab Menikah Lagi di Sentul Bogor

Lebih lanjut pria yang akrab dipanggil Bamsoet ini menjelaskan, bahwa rencananya Sirkuit Sentul akan berubah nama menjadi West Java Sentul International Circuit.

Jadi nantinya sirkuit yang dibangun di lahan mencapai 75 hektare akan didesain ulang oleh konsultan internasional, Populous yang berperan dalam pembangunan sejumlah sirkuit ternama dunia, antara lain Silverstone Circuit, Alabama Motorsports Park Circuit, Dubai Autodrome and Business Park, The Circuit of Wales; hingga The London Grand Prix.

"Proses pengembangan West Java Sentul International Circuit akan dilakukan dalam tiga tahap. Di tahap awal akan memperbaiki berbagai fasilitas yang sudah ada, seperti lintasan track hingga sarana dan prasarana pendukung seperti paddock dan lain sebagainya," tambahnya.

Lebih lanjut Bamsoet menjelaskan tahap kedua membangun beberapa fasilitas tambahan seperti entertainment zone, fast zone, hotel zone, hingga waterfront zone. Serta di tahap ketiga mengembangkan berbagai sarana dan prasarana yang telah dibangun menjadi semakin baik dan berdaya guna.

Di Entertainment Zone akan terdapat entrance area (entrance, plaza, open parking) dan commercial/mall zone (commercial/retail, food and beverage, Mall with retail, car inventory). Ada juga Hotel Zone (hotel plus resort, pool with view, team offices, serta Waterfront Zone (camping sites, running tracks, rafting, riverfront food and beverage).

"Sementara di Fast Zone akan terdapat Theme Park (themed rides, museum, themed food and beverage, brand studios, slalom/drifting, F1 Simulator, event zone, central stage), Grandstand Performanced Zone (grandstand with suites, VVIP parking, team paddocks, paddock experiences, paddock food and beverage, team truck bay), serta Premium/VIP Zone (luxury suites, prime views to the track, luxury/themed hotels, prime grandstands)," pungkas Bamsoet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya