Profil Warih Andang Tjahjono, Putra Pati yang Sukses Jadi Presdir Toyota Indonesia

VIVA Otomotif: Mantan Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono
Sumber :
  • Dok: TMMIN

Jakarta – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia baru saja mengumumkan, bahwa Warih Andang Tjahjono memasuki masa purnabakti setelah menjabat sebagai Presiden Direktur TMMIN selama lebih dari enam tahun.

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Pria yang akrab disapa Warih itu menjadi salah satu putra terbaik bangsa, yang berhasil menjadi Presiden Direktur lokal pertama dari afiliasi manufaktur Toyota di Asia Pasifik.

Warih telah mencatat berbagai pencapaian gemilang untuk Toyota Indonesia di bawah kepemimpinannya, seperti pencapaian angka ekspor dua juta unit kendaraan ke berbagai negara.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Di bawah kepemimpinannya Toyota Indonesia juga sukses melakukan ekspor perdana ke Australia dan memproduksi serta mengapalkan kendaraan hybrid seperti Kijang Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid. TMMIN juga berhasil merakit baterai kendaraan elektrifikasi secara lokal di pabrik mereka.

VIVA Otomotif Seremoni ekspor perdana Toyota Yaris Cross buatan Indonesia

Photo :
  • Dok: TMMIN
Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

“Pencapaian TMMIN dalam enam tahun ke belakang adalah berkat kerja sama dan dukungan penuh pemerintah terhadap industri otomotif, juga semua pelanggan kami, PT Toyota-Astra Motor, para pemasok lokal dan jaringan distribusi Toyota Indonesia serta seluruh karyawan TMMIN,” ujarnya di acara TMMIN Warm Gathering yang diadakan di Jakarta Pusat, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 7 Juli 2023.

Sebagai seorang pemimpin, pria asal Pati, Jawa Tengah itu memiliki visi besar untuk meningkatkan kontribusi TMMIN terhadap bangsa Indonesia. Salah satu fokus utamanya adalah pengembangan Sumber Daya Manusia dan peningkatan kemampuan manufaktur, termasuk penguatan industri dalam negeri.

Sebagai informasi, Warih merupakan lulusan S1 Teknik Kimia Universitas Diponegoro dan memulai karir di TMMIN pada 1989 serta terlibat dalam proyek pengenalan produk Kijang model baru.

Dalam perjalanan karirnya, lulusan S2 Institut Teknologi Bandung itu berhasil mencapai posisi Senior General Manager di bidang Production Logistic Control dan Sunter Unit Plant pada 2007.

Warih Andang Tjahjono (kiri) saat mengunjungi kantor redaksi VIVA.co.id, beberapa waktu lalu.

Photo :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

Ia juga terlibat dalam manajemen SDM sebagai Direktur Human Resources, General Affairs andOperation Management Control pada 2009. Kemampuannya dalam memimpin terbukti saat ditunjuk sebagai Direktur Karawang Vehicle Plant and Production Engineering pada Juli 2011, di mana ia berhasil mengelola seluruh area produksi di TMMIN.

Pada Januari 2014, Warih dipercaya sebagai Wakil Presiden Direktur TMMIN menggantikan Yoshiro Okamoto. Tiga tahun kemudian, ia menggantikan Masahiro Nonami sebagai Presiden Direktur TMMIN.

Mulai 1 Juli 2023, tongkat estafet kepemimpinan TMMIN diserahkan kepada Nandi Julyanto sebagai Presiden Direktur baru, dengan Bob Azam sebagai Wakil Presiden Direktur. Sebelumnya, Bob Azam telah menunjukkan keahliannya dalam posisi Direktur Administrasi, Corporate and External Affairs, Technical Government Affairs.

VIVA Otomotif: Jajaran direksi TMMIN

Photo :
  • VIVA Otomotif
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya