TIA Cetak 36 Spesialis untuk Era Elektrifikasi Otomotif

Fasilitas xEV Center milik TMMIN.
Sumber :
  • Dok: TMMIN

Jakarta, 14 Oktober 2023 - Toyota Indonesia Academy (TIA) mencetak 36 ahli untuk industri otomotif, khususnya di era elektrifikasi. Sebanyak 30 ahli dari production skill berupa perakitan kendaraan roda empat dan enam dari maintenance skill berupa mesin otomasi telah menuntaskan pendidikan selama dua tahun.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

TIA selalu melakukan evaluasi dan FGD (Focus Group Discussion) bersama para pakar industri untuk mengetahui dan beradaptasi lebih cepat dengan kebutuhan industri terkini. Sehingga, kurikulum pembelajaran TIA terus bertransformasi demi menjawab tantangan perkembangan teknologi di industri otomotif yang begitu cepat.

Selain itu, di tahun ke-2 seluruh expert diberikan program pemagangan di industri selama 1 tahun agar mereka dapat lebih cakap beradaptasi dengan teknologi-teknologi baru di industri elektrifikasi.

Pakai Skema Baterai Swap, Harga Motor Listrik Gesits Bisa Jadi Rp15 Juta

VIVA Otomotif: Acara Toyota Indonesia Academy

Photo :
  • Dok: TMMIN

Presiden Direktur PT Toyoya Motor Manufacturing Indonesia, Nandi Julyanto mengatakan bahwa percepatan industri elektrifikasi yang menyeluruh, baik secara proses produksi maupun SDM unggul yang ahli menjadi suatu keniscayaan.

3 Motor Listrik TAILG Semarakkan Pasar Otomotif Indonesia

“Tidak hanya menerapkan sistem green manufacturing di lini produksi, TMMIN juga menginisiasikan konsep green curriculum yang mengimpelementasikan teknologi hijau atau teknologi ramah lingkungan dalam pembelajarannya,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Kurikulum ini juga membahas mengenai environment issue sebagai tanggung jawab bersama, dalam membantu upaya pemerintah mencapai target netralitas karbon di 2060 nanti.

Di tahun 2025, TIA telah mencanangkan beberapa target di antaranya peningkatan mutu melalui pengenalan advance manufacture technology, implementasi green teknologi kurikulum dalam proses pendidikan serta berkontribusi melahirkan tenaga kerja unggulan yang bisa menjadi team leader.

“Transformasi industri elektrifikasi otomotif Indonesia sejatinya tidak hanya lahir melalui kehadiran sejumlah kendaraan berteknologi elektrifikasi yang ramah lingkungan, namun juga dengan hadirnya SDM expert yang berwawasan digitalisasi.” tutur Wakil Presiden Direktur TMMIN, Bob Azam.

Menurut Bob, Indonesia memiliki potensi unggulan berupa besarnya porsi generasi muda untuk menjadi generasi terdepan dalam menjawab tantangan dan persaingan global.

Lulusan Toyota Indonesia Academy ciptakan Robot UV

Photo :
  • TMMIN

Lulusan TIA dibentuk melalui pengajaran dan praktik yang berorientasi kebutuhan industri nasional dan menjadi expert di bidang digitalisasi seperti big data analytic and IoT, AI and robotic, robotic process automation, serta IoT and mechanical engineering.

“Harapannya yaitu, akselerasi para lulusan TIA untuk mencapai level leader pada lini produksi akan semakin cepat,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya