Hino Bikin Fasilitas Uji KIR Swasta, Prosesnya Cuma Satu Jam

Kendaraan Niaga Hino
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Uji KIR (Uji Kelayakan Kendaraan Bermotor) menjadi tahapan penting dalam menjaga keselamatan dan keamanan kendaraan niaga. Tujuan dari tes ini ialah untuk memastikan kendaraan niaga dapat beroperasi secara aman dan efisien di jalan raya serta mengurangi risiko kecelakaan.

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Memahami uji KIR menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, Hino sebagai produsen kendaraan niaga memperkenalkan unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) atau fasilitas uji KIR Swasta berizin resmi dan terakreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Darat berlokasi di Jl. Gatot Subroto KM 8.5 Jatake, Kota Tangerang.

Adapun fasilitas Uji KIR ini sudah mendapatkan perawatan dan perbaikan di workshop service Hino. Tidak hanya untuk domisili Tangerang tetapi wilayah lain pun diperbolehkan untuk melakukan uji KIR ini.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

Dhana Darmasetiawan selaku Kepala Fasilitas Uji KIR PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengungkapkan bahwa ada beberapa keunggulan yang ditawarkan dari fasilitas uji KIR milik Hino ini, seperti waktu pengerjaan cepat dan bebas calo.

"Pada fasilitas ini, kita menawarkan efisiensi waktu. Bila dibandingkan dengan Uji KIR milik Pemerintah, fasilitas dari Hino menyediakan proses pengujian yang lebih cepat," ujar Dhana dikutip VIVA Otomotif di JCC Senayan, Jakarta.

Menhub Sambut Baik Keputusan ASN Bisa WFH 16-17 April

Dhana menyampaikan, masyarakat hanya perlu booking jadwal pelaksanaan uji KIR melalui aplikasi, sehingga dapat bebas antre.

"Cukup daftar saja melalui aplikasi, booking jadwal pelaksanaan. Bisa bebas antre. Kalau di Pemerintah mungkin prosesnya bisa sampai setengah hari. Tapi kalau di Hino, cuma butuh waktu 55 menit hingga satu jam," tambah Dhana.

Hino luncurkan fasilitas uji KIR untuk kendaraan Niaga

Photo :
  • Arianti Widya

Kemudian, Dhana menjelaskan masuk ke dalam fasilitas Uji KIR milik Hino ini bebas calo.

"Fasilitas kita bebas calo dan untuk memanfaatkan layanan KIR ini kita beri harga transparan Rp275.000, sudah termasuk kartu uji dan pelayanan standar,” ungkapnya.

Dhana menuturkan bahwa Hino menyediakan kuota kendaraan untuk diuji, yaitu sebanyak 40 unit per hari.

"Per hari nya, kami akan uji sebanyak 40 unit kendaraan dengan jumlah penguji sekitar empat orang," tutur Dhana.

Sebagai informasi, fasilitas Uji KIR HMSI mengacu pada standar dari Peraturan Menteri Perhubungan No. 19 Tahun 2021, seperti kelengkapan administrasi dokumen, persyaratan teknis dan kelaikan jalan.

Fasilitas Uji KIR HMSI beroperasi di hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya