Gara-gara Ini Pramac Racing Tidak Akan Pakai Motor Yamaha di MotoGP

Jorge Martin di MotoGP Jepang 2023
Sumber :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

VIVA – Tim satelit Ducati, Prima Pramac Racing kabarnya akan dicaplok pabrikan Yamaha di MotoGP musim depan. Bahkan pihak pabrikan berlambang garpu tala itu sudah menunjukkan ketertarikannya dengan Pramac.

Marc Marquez Bisa Secepat Ini Jika Pakai Motor Francesco Bagnaia

Setelah muncul kabar tersebut, akhirnya Tim Manager Pramac Racing, Gino Borsio buka suara. Dia menegaskan, tidak akan pakai motor Yamaha untuk berkompetisi di ajang adu kebut paling bergengsi itu.

Yamaha MotoGP

Photo :
  • twitter.com/YamahaMotoGP
Ducati Menyesal Pernah Kontrak Valentino Rossi, Berbeda dengan Marc Marquez

Menurut Gino, Ducati sudah menjadi bagian dari keluarga besar, dengan menjalin hubungan sudah cukup lama, dan diberikan posisi spesial sebagai tim satelit, maka dia tidak akan menghianati brand asal Italia tersebut.

Diketahui, Pramac Racing selama dua musim MotoGP mendapatkan karpet merah dari tim pabrikan, hanya tim yang dibela Jorge Martin itu yang mendapatkan motor baru, yaitu Ducati Desmosedici, pada 2023 dan 2024.

Belum Bisa Move On, Pengganti Marc Marquez Masih Misterius

“Kami adalah saudara dari tim resmi. Antara kami, dan mereka ada lebih dari sekedar diskusi ekonomi. Perubahan tidak masuk akal,” ujar Gino, dikutip dari Crash.net, Kamis 23 Mei 2024.

Sebelumnya kabar Yamaha menjalin hubungan baik dengan Pramac Racing diberitakan Speedweek.com. Pabrikan asal Jepang itu sudah bernegosiasi dengan tim Paolo Campinito itu.

Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis sebelum pensiun tahun ini telah meyakini bahwa tempatnya bekerja itu akan memiliki tim satelit pada musim depan, meski tidak dijelaskan secara gamblang.

“Akan ada dua Yamaha M1 di tahun depan, dan tim satelit akan mengurusnya. Saya tidak bisa mengungkapkan nama timnya,” ujar Lin Jarvis dikutip dari beberapa media asing.

Kemudian dipertegas pembalap Yamaha Monster Energy, Fabio Quartararo yang mengaku jika Yamaha membutuhkan tim satelit agar kompetisi bisa semakin kompetitif, dan salah satu dampak positifnya ada banyak data yang bisa diterima.

“Tim satelit akan sangat penting. Untuk pramusim saja akan memberikan kita lebih banyak lap dan informasi,” ujar Quartararo. 

Sebelum dirilis ke publik, pembalap kelahiran Perancis itu meminta agar tim satelit Yamaha nantinya diperlukan seperti halnya pabrikan, salah satunya mendapatkan motor dengan spesifikasi yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya