Begini Jadinya Honda Brio Keluar Kodrat, Bisa Bikin Malu Pajero Sport!

Honda Brio di medan off road
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Brio sampai saat ini masih menjadi model paling laris Honda di Indonesia. Pertama kali lahir pada 2012, mobil tersebut memang diperuntukan di perkotaan, namun ada saja penggunanya yang keluar kodrat.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 16 Juni 2024

Di awal kemunculannya Honda Brio yang dijual di Indonesia di impor utuh, alias CBU (Completely Built Up) dari Thailand. Generasi pertamanya itu ditawarkan dua pilihan mesin, yaitu 1.200cc, dan 1.300cc.

Mengingat penjualannya menjanjikan, pada 2013 Brio mulai dirakit lokal oleh PT Honda Prospect Motor di Karawang, Jawa Barat. Sejak itulah mobil perkotaan tersebut masuk dalam kelas LCGC (Low Cost Green Car).

Bertambah Jadi 10 Orang, Begini Peran Tersangka Pengeroyok Bos Rental Mobil hingga Tewas di Pati

Sesuai aturan pemerintah bahwa mobil LCGC memiliki harga batas atas, dan konsumsi bahan bakar yang sudah ditentukan. Untuk segmen itu, Honda menawarkan Brio dengan embel-embel Satya di belakang namanya.

Sedangkan varian yang bukan kategori harga terjangkau, jenama berlogo H itu menyematkan nama RS. Saat ini Brio yang dijual sudah memasuki generasi kedua, pertama kali hadir dalam bentuk konsep di 2018.

Polisi Tetapkan 10 Orang Tersangka Kasus Pengeroyokan Maut Bos Rental di Pati

Masih dalam wujud purwarupanya bernama Small RS Concept, dan setelah beberapa bulan diperkenalkan di tahun yang sama versi produksinya langsung diluncurkan. Secara bentuk berbeda dari versi sebelumnya.

Brio generasi kedua dimensinya juga lebih besar, dengan mempertahankan mesin 1.200cc i-VTEC yang bisa menyemburkan tenaga maksimal hingga 90 PS di 6.000 RPM, dan torsi punak 110 Nm di 4.800 rpm. 

Tenaganya disalurkan melalui transmisi matik CVT, dan manual 5-percepatan. Nah, model itulah yang digunakan oleh salah satu pemilik di jalan off road, atau keluar kodrat karena biasanya hanya digunakan di perkotaan.

Melalui unggahan video Instagram @anakbugisofficial, Brio generasi kedua itu dengan mudahnya berjalan di atas tanah yang basah, dengan permukaan tidak rata. Tidak terlihat ban selip, atau berputar di tempat.

“Honda Brio mode offroad,” tulis statusnya, dikutip, Jumat 24 Mei 2024.

Sepertinya memang sopir tersebut tahu karakter mobilnya, meski berpenggerak roda depan, city car andalan Honda itu bisa melewati jalan tersebut. Video itu sepertinya akan bikin malu Mitsubishi Pajero Sport, mengingat SUV itu memang diciptakan untuk medan off road, berbeda Brio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya