Motor Matik Baru Honda Meluncur, Cuma 2 Liter Bensin Bisa Jalan 100 Km

Honda NW F125
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA – Honda sedang gencar menelurkan motor matik bergaya klasik di sejumlah negara. Di Indonesia ada Honda Stylo 160 yang resmi dijual tahun ini, sedangkan di China mereka baru saja merilis produk serupa, yaitu NW F125.

Mengaspal di Jakarta Fair, Intip Kecanggihan Motor Baru Honda yang Dijual Rp375 Juta

Wuyang Honda sebagai produsenya di Tiongkok meluncurkan Honda NW F125 untuk meramaikan segmen skutik bergaya retro, di mana saat ini hampir semua brand Jepang memilikinya demi saingi produk Vespa.

Honda NW F125

Photo :
  • Greatbiker
Hari Ini Yamaha NMAX Turbo Meluncur, Honda Gak Mau Kalah Rilis Motor Baru

Melansir Greatbiker, Jumat 24 Mei 2024, NW F125 dibanderol 12.300 yuan, atau setara Rp27,2 juta, serupa dengan harga Stylo 160 yang punya mesin lebih besar. Lalu apa saja keunggulan produk baru tersebut?

Rancang bangunnya serupa dengan Stylo, Vario 160, atau BeAT baru di pasar Indonesia, yaitu pakai rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame), yang lebih ringan dibandingkan tubular, karena terbuat pelat baja.

Penjualan Motor Mei 2024: Nasional Naik, Ekspor Cetak Rekor

Total bobot motor matik barunya itu 107 kilogram, dengan ruang bagasi yang dapat menampung satu helm half face. Fitur-fitur canggih juga tersemat, mulai dari port charging untuk pengisian daya handphone di dashboard depan.

Pencahayaan serba LED mulai dari lampu depan, pengereman, hingga sein. Panel instrument odometer digital TFT berbentuk vertikal. Desain motor membulat dengan gaya retro, dan tersedia banyak warna cerah.

Cukup menarik perhatian, motor matik itu memiliki sistem NFC yang dapat menghubungkan motor dengan smartphone. Segala informasi motor dapat diakses melalui aplikasi di gadget, salah satunya melihat posisi motor.

Bahkan saat gawai terhubung ke motor, odometer bisa menampilkan peta jalan yang berwarna, dan dapat mengakses fitur lainnya. Di Indonesia teknologi tersebut hanya tersedia di motor yang lebih mahal, salah satunya XMAX 250 baru.

Pada sektor kaki-kaki, pengerema sudah carkam dilengkapi ABS, dan ukuran velg serupa dengan Vespa, atau Scoopy, yaitu 12 inci dibalut ban tubeless 90/90 depan, dan belakang.

Jantung pacunya mengandalkan mesin bensin satu silinder 125cc eSP mirip dengan Vario di Indonesia yang dapat menyemburkan tenaga 7 dk, dan torsi 10 Nm, dengan sistem starter ACG, dan idling stop.

Kedua fitur itu diklaim dapat menghemat penggunaan bahan bakar, mengingat mesin akan mati otomatis saat motor berhenti di lampu merah, atau macet. Sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang ketika idle.

Honda China mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar NW F125 dengan bermodal enjin tersebut, hanya membutuhkan bensin 2,5 liter bisa berjalan sejauh 100 km, artinya setara 40 km per liter. Lalu jika tangki terisi penuh 5,7 liter, jarak tempuhnya mencapai 250 km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya