Tiap Jam Wuling Bisa 'Cetak' 15 Mobil di Indonesia

Pabrik Wuling di Cikarang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Perusahaan otomotif asal China, Wuling Motors memilih lahan seluas 60 hektare di kawasan Cikarang, Jawa Barat, untuk menjadi basis produksinya di Indonesia. Pabrik yang mulai beroperasi Juli 2017 lalu itu terbagi dalam dua area, 30 persen untuk manufaktur dan sisanya diperuntukan sebagai area supplier park.

Kisah Mobil Wuling Terlaris Sedunia di Indonesia

Saat ini pabrik tersebut dijadikan basis produksi dua mobil andalannya di Tanah Air, Confero dan Cortez.

Senior Director Manufacturing Wuling Motors Arif Pramadana mengatakan, tiap jam pabrik tersebut dapat menghasilkan sedikitnya 15 mobil Wuling. Sementara perpindahan dari satu line ke line selanjutnya membutuhkan waktu sekira empat menit.

Inovasi Wuling Mengubah Wajah Otomotif Nasional

“Kalau dalam hitungan jam itu 15 unit mobil, per satu jam. Baik Cortez atau Confero sama saja komposisinya,” kata Arif kepada wartawan, di pabrik Wuling, Cikarang, Jawa Barat, Rabu 9 Mei 2018.

Arif menjelaskan, mobil-mobil tersebut sebelumnya harus lebih dahulu diuji sampai dinyatakan lolos untuk selanjutnya didistribusikan ke konsumen. Dia mengklaim, pabrik tersebut telah menganut standarisasi dari produsen Amerika Serikat, General Motors.

Mobil MPV Ini Banyak Banget Fitur Mewahnya

Hingga kini jumlah keseluruhan pekerja pabrik Wuling mencapai 900 orang, 700 di antaranya ada di bagian perakitan, meski pengerjaan 50 persen sudah menggunakan robot. “Jadi untuk yang berat dan akurasi tinggi (pakai robot) dan paling banyak itu di paint shop (pengecatan),” ujarnya.

“Kalau material kami itu sebagian besar dari China. Lalu mesin dan transmisi juga impor utuh langsung dari China,” kata Arif.

Wuling Cortez

Belasan Ribu Mobil Canggih Beredar di Indonesia

Mobil ini membuat banyak mata tertuju berkat kehadiran fitur keren seperti sunroof dan jok elektrik.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2022